Pendidikan

Mahasiswa Fisip USN Gelar Mini Expo Kewirausahaan

KOLAKA,BKK- Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, menggelar mini expo kewirausahaan, Kamis (26/1).

Menurut dosen pengampuh mata kuliah kewirausahaan Yudi Agusman, mini expo yang dilaksanakan selama dua hari di pusat kewirausahaan mahasiswa Fisip USN Kolaka, bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai wahana untuk mempublikasikan produk yang diciptakan oleh mahasiswa.

“Peserta expo produk kewirausahaan berjumlah 35 kelompok, dengan menampilkan produk makanan dan hasta karya Mahasiswa,” katanya.

Menurut Yudi, kegiatan ini berangkat dari mata kuliah kewirausahaan, dimana sala satu mata kuliah bersipat terapan yang harus dikembangkan di masa depan. Selain bisa bekerja, mereka juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri untuk meningkatakan perekonomian di daerahnya masing-masing, setelah selesai menempuh perkuliahan.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara USN Kolaka, Maulid mengatakan, kegiatan mini expo merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan prodi ini, sehingga kegiatan didukung penuh. Haal ini sekaligus sebagai bentuk dukungan dan memfasilitasi mahasiswa untuk berkreatifitas, serta berinovasi membuat produk dan bekerja sama di Pusat Kewirausahaan Mahasiswa FISIP USN Kolaka.

Sementara Dekan Fisip Nursamsir mengungkapkan, salah satu motivasi yang paling dibutuhkan pelaku usaha adalah keinginannya untuk terus belajar dan menambah keterampilan. Motivasi belajar menjadi modal awal bagi para pengusaha untuk mengembangkan raksasa bisnisnya.

“Karena itu, belajarlah dari orang-orang sukses di sekitar anda. Belajarlah dari kegagalan yang pernah anda alami, dan belajarlah dari sumber ilmu yang tersedia di seluruh belahan dunia,” kata Nursamsir. (cr3/nur)