Debat Publik Pilkada Buton, KPU Hadirkan Lima Panelis – Berita Kota Kendari
Suksesi

Debat Publik Pilkada Buton, KPU Hadirkan Lima Panelis

BAUBAU, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menyiapkan lima orang panelis untuk pelaksanaan debat publik pilkada yang rencananya akan digelar, Kamis (2/2), di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Ketua KPU Kabupaten Buton, Alimudin Sikuri menyebutkan lima orang panelis itu yakni Prof Dr Ir Sumbangan Baja MPhil dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Dr Ir H Usman Rianse dan Prof Ir H La Sara MSi PhD dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, serta Dr Muhammad Alifuddin MAg dan Dr Abdul Kadir dari Institut Agama Islam negeri (IAIN) Kendari.

Prof Ir H La Sara MSi PhD rencananya akan disiapkan menjadi moderator, sedangkan empat lainnya sebagai panelis. Mereka kata Alimudin, sudah menyatakan kesiapannya untuk menghadiri debat publik  Pilkada Buton yang hanya diikuti satu pasangan calon itu, yakni Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry yang juga sebagai calon incumbent.

Ditanya tentang kehadiran Calon Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun pasca ditahan KPK, dirinya mengaku belum mendapatkan informasi pasti apakah Ketua DPW PAN Sultra itu akan hadir, atau hanya diwakili pasangannya, La Bakry.

“Namun, panitia sudah menyiapkan desain acara jauh hari sebelum Samsu Umar Abdul Samiun ditahan KPK,” terang Alimudin saat ditemui, Sabtu (28/1).

Terkait situasi tersebut, lanjutnya, kemungkinan rencana jalannya debat akan berubah. Pihaknya juga akan menyiapkan alternatif dan akan dibahas bersama tim panelis, jika nanti yang benar-benar akan menghadiri debat hanya La Bakry.

“Kami sudah coba beberapa segmen kegiatan, misal mengarahkan pertanyaan kepada 01 jangka panjangnya, mau diapakan, atau bahkan pertanyaan itu dikombinasikan. Ini situasi berubah kalau misal pada debat hanya satu yang hadir, tinggal nanti strategi tim panelis bagaimana,” tuturnya. (k2/nur)

To Top