Cari Kepala Dinas yang Ok, Pemkot Kendari Bentuk Job Fit – Berita Kota Kendari
Beranda

Cari Kepala Dinas yang Ok, Pemkot Kendari Bentuk Job Fit

 Alamsyah Lotunani. (Foto: Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sudah membentuk tim job fit untuk menyeleksi sesiapa yang pantas menjadi pimpinan di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Tinggal tanda tangan SK-nya (surat keputusan) saja. Yang mana tim job fit terdiri dari tiga orang yang diambil dari internal. Sebenarnya, kita bisa ambil dari luar, tapi itu tergantung dari daerahnya masing-masing,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah Lotunani, Jumat (27/1), kepada wartawan koran ini.

Pria yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kendari ini menambahkan, job fit dibuat karena pihaknya ingin mendapatkan pejabat eselon II yang benar-benar layak.

“Selain itu, job fit juga dibuat agar dalam penempatannya nanti benar-benar di tempat yang bisa dia pahami tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), sebagai pimpinan di SKPD yang diminatinya,” sambung Alamsyah Lotunani.

“Berkait soal-soal apa yang akan diberikan nanti dalam proses assessment nanti, tentu berdasarkan standardisasinya. Tapi, yang jelas soal yang akan diberikan nanti lebih kepada masalah kepemimpinan, masalah kepribadian, masalah kompetensi, dan masalah integritas.”

Semua itu, lanjut dia, akan digali pada tiap peserta yang mengikuti job fit ini, sehingga dengan begitu apa tugas yang akan dibebankan nanti bisa dilaksanakan dengan baik.

“Pejabat yang akan mengikuti job fit diperuntukan kepada pejabat yang berperan sebagai pelaksana tugas (plt) di SKPD yang ditugaskan masing-masing,” tekannya.

Pamungkas, ia mengaku optimis, melalui job fit nantinya pimpinan di organisasi perangat daerah (OPD) benar-benar dipegang oleh orang yang berkompeten. (cr6/iis)

To Top