Siswa SMPN 5 Kendari yang Terlibat Narkoba Akan Dikeluarkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Siswa SMPN 5 Kendari yang Terlibat Narkoba Akan Dikeluarkan

KENDARI, BKK – Kasus tembakau gorila menyasar pelajar memaksa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kendari memperketat pengawasan terhadap anak didiknya.

Kepala SMPN 5 Kendari Mansur Mokoni mengungkapkan dirinya miris dengan munculnya tembakau gorila (medusa). Pasalnya, tembakau gorila sudah meracuni dunia pendidikan.

“Di sini memang sangat dibutuhkan tanggung jawab dan peran orangtua dalam mengawasi anaknya, untuk memastikan anaknya betul-betul ke sekolah atau tidak,” ujarnya, Kamis (26/1).

Menurutnya, siswa bisa jadi memperoleh barang haram tersebut saat berada di lingkungan luar, bukan di lingkungan sekolah.

Sehingga, menurut dia, perang orangtua memang sangat dibutuhkan, terlebih waktu di sekolah tidak terlalu banyak.

“Di sekolah, kami sudah melakukan langkah-langkah, yakni dengan memperketat pengawasan. Jika kemudian ada indikasi siswa yang melakukan perilaku penyimpangan, secepatnya kami cegah dengan melakukan pemanggilan orangtua yang bersangkutan, untuk dilakukan pembinaan,” bebernya.

Ia menambahkan, lebih baik mencegah untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak wajar sebagai seorang peserta didik.

Apalagi, kata dia, tembakau gorila tersebut pengaruhnya sangat besar. Selain itu, bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan rusaknya saraf.

“Yang menghirupnya saja (perokok pasif, red) bisa langsung mabuk, apalagi yang menggunakan. Kita ketahui bersama, harganya relatif murah dan dapat dijangkau semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan pelajar penerus bangsa,” ujarnya.

Ia juga meminta, pengawasan di tingkat masyarakat perlu dilakukan, dengan melibatkan rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

“Jika ada siswa kami yang terindikasi menggunakan obat-obat terlarang, langkah yang akan kami ambil adalah memutasi siswa yang bersangkutan ke sekolah lain,” tambahnya.

Ia berpesan kepada seluruh siswa siswi yang ada di Kota Kendari, khusunya pelajar SMP 5 Kendari, sebagai generasi penerus bangsa manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang lebih positif.

“Misal, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mengikuti bimbingan belajar, dan jauhi pergaulan-pergaulan yang menyimpang,” anjurnya. (cr6/iis)

To Top