Program Bupati Kolaka Utara# Aktifitas ASN Dihentikan 15 Menit Sebelum Shalat – Berita Kota Kendari
Headline

Program Bupati Kolaka Utara# Aktifitas ASN Dihentikan 15 Menit Sebelum Shalat

Mansiral usman/BKK
Ketgam, Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud saat memberikan secara langsung santunan zakat pada warga

LASUSUA, BKK – Program Bupati Kolaka Utara (Kolut), Rusda Mahmud yang tertuang dalam intruksi nomor 067/243/2016, tentang program Safari Shalat Lima Waktu (Safari).

Program yang mengharuskan bagi setiap Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Lingkup Pemerintahan Daerah (Pemda) yang beragama Islam untuk menghentikan segala aktifitas kantor rapat, sosialisasi dan sejenisnya 15 menit sebelum shalat.

“Di Kolaka Utara semua masjid sangat mewah, namun kesan mewah ini tidak berbanding dengan kunjungan masyarakat untuk menunaikan shalat berjamaah, sehingga Program Salimatu yang dicanankan ini bertujuan untuk meramaikan dan memakmurkan masjid,” kata Rusda Mahmud.

Menurut Rusda, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang beragama islam wajip melakukan program ini serta melakukan sosialisasi pada masyarakat, keluarga dan lingkungan sekitar. Setiap SKPD memiliki jadwal shalat yang akan dilakukan di masjid dalam kota.

“Kita hanya minta waktu 15 menit untuk melakukan tugas dan kewajiban sebagai manusia, ini juga untuk mengasah jiwa spiritual yang kemudian akan memberikan nilai pada Intregritas dan moralitas dalam bekerja menjalankan amanant dan tanggunjawab sebagai ASN,” ujar Rusda.

Rusda menegaskan meski dalam program ini tidak ada sangsi bagi ASN yang tidak melakukan shalat atau menghentikan segala aktifitasnya 15 sebelum waktu shalat, namun akan ditegur secara lisan.

“Sukses suatu program bukan hanya karena baik dalam perencanaan dan implementasi dilapangan tapi juga pada disiplin waktu. Mengunakan setiap detik, menit dan jam pada profosinya,” tegasnya.

Rusda mengharapakan dengan akan berakhirnya masa jabatanya, program Salimatu ini akan menjadi program daerah yang tidak akan berhenti namun akan terus di programkan bukan hanya pada tatanan Pemerintahan Kabupaten. Namun juga akan menjadi program ditingkat desa, kelurahan dan kecamatan yang nantinya.

Plt Kemenag Kolut, h. Baharuddin mengungkapkan Kolaka Utara bukan hanya dibangun fisiknya seperti jalan, perkantoran atau pasar namun pembangunan juga dititik beratkan pada pembanguan spiritual dengan membangun tempat ibadah yang memadai.

“Saat ini program Safari Shalat Lima Waktu (Salimatu) bukan hanya berlaku pada ASN Lingkup Pemda Kolut namun berlaku juga pada semua instansi pemerintahan. Ini menunjukan perhatian Pemda Kolut dalam membangun daerah dan manusianya,” katanya.

Menurut dia program ini sangat epektif untuk mengasah dan meningkatakan nilai moralitas pada individu ASN sebagai pelayan dan pengayom masyarakat.

“Kedepan program ini akan menjadi sebuah harapan baru diera moderisasi saat ini yang krisis toleransi sesama manusian. Sehingga untuk memperkuat akidah dan toleransi maka seseorang harus lebih banyak mendekatkan diri pada sang pencipta melalui Shalat lima Waktu,” ungkap Baharuddin.

Baharuddin menambahkan dengan adanya program Salimatu ini pihaknya telah memberikan intruksi pada semua tingkatan sekolah yang berada dibawah Kemenag untuk selalu melakukan shalat berjamaah di masjid-masjid terdekat dari sekolah. (k6/c/lex)

To Top