Konkep Segera Bebas Krisis Listrik ***Gedung Pembangkit Rampung, Sisa Pemasangan Mesin – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Konkep Segera Bebas Krisis Listrik ***Gedung Pembangkit Rampung, Sisa Pemasangan Mesin

HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI
TUNGGU DI FEBRUARI. Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi SE MM saat memantau gedung PLTD Konkep yang telah rampung, belum lama ini.

LANGARA, BKK– Pelayanan listrik 1×24 jam segera dinikmati oleh masyarakat Konawe Kepulauan, khususnya masyarakat di Langara. Impian tersebut segera terwujud menyusul selesainya pembangunan gedung mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Konkep sangat berharap masyarakat Konkep sudah bisa terbebas dari krisis listrik pada Februari mendatang. “Itu target kita. Tapi kita lihat nanti karena saat ini penambahan mesin pembangkit listrik tersebut masih dalam proses tender.

Kalau proses tendernya sudah selesai, Insya Allah bulan dua (Februari) sudah bisa terlaksana, karena gedungnya (PLTD) sudah siap digunakan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) ranting Langara,” papar Wabup saat meninjau gedung PLTD Konkep, Kamis (26/1).

Dia melanjutkan, Pemkab Konkep serta PLN sebelumnya sudah menyepakati kerja sama kelistrikan. Dalam hal ini, Pemkab menyediakan lahan beserta gedungnya, sementara pihak PLN menyiapkan mesin pembangkit listrik berkapasitas 1 MW.

“Kita sudah siapkan gedungnya, mereka juga tinggal siapkan mesinnya. Semoga semua berjalan lancar dan kita tidak lagi harus merasakan byarpet,” katanya.

Sebelumnya Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT menyampaikan bahwa pada 2018 nanti, seluruh desa di Indonesia sudah harus menikmati listrik. Hal itu berdasarkan kebijakan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Komitmen pemerintah pusat bahwa di tahun 2018, tidak ada satu pun desa yang tidak teraliri listrik. Ini yang kemudian kita sambut dan kita tindak lanjuti, kalau masalah desain jaringan listrik lingkar Pulau Wawonii sudah dianggarkan oleh PLN di tahun ini. Dan itu sudah menjadi program pemerintah pusat untuk desain jaringan listrik lingkar Pulau Wawonii,” jelasnya. (k4/aha)

To Top