FMBB Soroti Tunjangan Serifikasi Guru di Bombana – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

FMBB Soroti Tunjangan Serifikasi Guru di Bombana

RUMBIA, BKK – Pembayaran dana tunjangan sertifikasi guru di Kabupaten Bombana diduga sarat dengan masalah. Karena sudah berlangsung sejak 2010 hingga sekarang dan tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan, masalah itu pun dilaporkan kepada Kejaksaan Negeri Bombana.

Seratusan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Bombana Bersatu (FMBB), mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Bombana, Kamis (26/1).  Mereka meminta pihak Kejari mengusut adanya dana sertifikasi guru yang tidak terbayar sejak 2010. Jumlahnya pun tidak sedikit.

Orator aksi, Dasril mengungkapkan, dana yang belum terbayar selama enam tahun itu mencapai Rp 23 miliar. Pihaknya menduga dana itu sudah dialihkan untuk kegiatan pemerintahan yang lain.

“Dugaan pengalokasian dana untuk program pembangunan lain seperti ini berpotensi merugikan keuangan negara. Kami minta Kejari Bombana mengusut masalah ini,” ujar Dasril saat menyampaikan orasinya.

Untuk tahun 2016 saja, tambah Dasril, masih tersisa dana sekitar Rp 10 miliar yang belum dicairkan.

“Kalaupun itu terbayar, kami tanyakan di mana sisa dana sertifikasi yang berjumlah Rp 13 miliar, sebagai Silpa 2010 hingga 2016 kemarin,” tegas Dasril.

Menanggapi tuntutan pendemo, pihak Kejari Bombana yang diwakili Daniar mengaku akan mempelajarinya. “Kami apresiasi aksi ini. Berikan kami kesempatan untuk menelaah tuntutan ini. Kalau itu memenuhi syarat untuk ditindaklanjuti, kami akan laksanakan,” ujarnya. (cr2/aha)

To Top