Ditahan, 3 Komisioner KPU Konsel Menyusul Dinonaktifkan – Berita Kota Kendari
Suksesi

Ditahan, 3 Komisioner KPU Konsel Menyusul Dinonaktifkan

ilustrasi

KENDARI, BKK –  Tiga komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Yusran, Jabal Nur dan Sutamin telah resmi ditahan   oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Andoolo, Rabu (25/1). Ketiganya pun akan segera dinonaktifkan dari jabatannya menyusul dua rekan sejawatnya yang telah lebih dulu ditahan.

Penahanan seluruh komisisoner KPU Konsel ini dilakukan, akibat tersandung kasus dugaan korupsi mobil rental fiktif melalui dana hibah penyelanggaraan Pemilihan Bupati Konsel 2015 lalu.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menjelaskan, berdasarkan aturan yang tertuang pada Pasal 29 Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilu bahwa bagi seluruh penyelenggara yang telah berstatus sebagai terdakwa dalam kasus pidana dengan ancaman lima tahun maka akan diberhentikan sebagai anggota KPU.

“Sebelumnya dua komisioner KPU Konsel atas nama Nuzul Qadri dan Aswan telah dinonaktifkan sementara setelah resmi berstatus terdakwa di persidangan. Sedangkan tiga lainnya yang baru saja ditahan yakni Jabal Nur, Sutamin dan Yusran  masih berstatus sebagai tersangka sehingga KPU Sultra belum melakukan pemberhentian sementara terhadap ketiganya meski telah ditahan,” terang Dayat sapaan akrab Hidayatullah saat ditemui di salah satu warung kopi di Kota Kendari, Kamis (26/1)

Namun, bila ketiganya resmi menjadi terdakwa, sambung Dayat, maka KPU Sultra juga akan menonaktifkannya.

Untuk pemberhentian secara tetap seluruh komisioner KPU Konsel itu, terang Dayat, pihaknya  masih menunggu sampai kasus kelimanya memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).

“Kalau memang tidak terbukti bersalah nantinya maka akan dikembalikan keanggotaannya sebagai anggota KPU Konsel dan merehabilitasi nama baiknya,” pungkasnya.

Saat ini pun, tambahnya, seluruh tugas-tugas komisioner KPU Konsel diambil alih KPU Sultra. (m2/b/nur)

To Top