40 Siswa SMK Satria akan Mengikuti Prakerin – Berita Kota Kendari
Pendidikan

40 Siswa SMK Satria akan Mengikuti Prakerin

La Resi

KENDARI, BKK– Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa, Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Satria Kendari akan mengirim 40 siswanya untuk mengikuti Praktek Kerja Indusri (Prakerin) di beberapa instansi di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala SMK Satria, La Ressi mengatakan, pemberangkatan prakerin 40 siswa tersebut dilakukan sebagai wujud kesinambungan atara dunia usaha, dunia industri dan dunia pendidikan.

“Siswa yang diberangkatkan akan mengikuti prakerin selama tiga bulan, yaitu pada 1 Maret hingga 30 Mei 2017,” ujar La Ressi saat ditemui di ruang kerjanya di SMK Satria Kendari, Kamis (26/01).

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan prakerin, siswa akan dominan melakukan praktek dibanding teori. Dalam hal ini, siswa akan menerapkan teori yang dipelajari di sekolah di dunia industri ataupun usaha.

La Ressi menyebutkan, 40 siswa yang akan mengikuti prakerin terdiri dari tiga jurusan, yaitu jurusan audio video, rekayasa perangkat lunak, serta teknik sepeda motor. Siswa akan dikirim ke industri yang sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing pada beberapa perusahaan industri yang sudah menjalin kerja sama dengan SMK Satria.

Disebutnya, untuk Jurusan Teknik Sepeda Motor, siswa akan melakukan praktek di Dealer Astra Honda. Sementara untuk Jurusan rekayasa perangkat lunak akan diutus ke dunia usaha yang bergerak di bidang komputer, baik yang bergerak di bidang pemrograman, rakitan, ataupun bongkar pasang. Begitu pula untuk jurusan teknik audio video akan melakukan praktek pada perusahaan atau industri yang bergerak di bidang audio video.

“Kami upayakan kebdepan perusahaan atau pun industri yang bekerja sama bisa lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan prakerin yang rutin dilakukan setiap tahun ini dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK Satria. Sehingga, lulusannya memiliki daya jual dan dapat bersaing di dunia kerja.

“Karena siswa SMK memang difokuskan untuk siap kerja, maka dari itu kita asah terus kemampuannya sehingga kompetensinya meningkat,” tutupnya.(p11/c/nur)

To Top