Terbukti Melanggar, Ketua Panwaslu Buton Diberhentikan – Berita Kota Kendari
Suksesi

Terbukti Melanggar, Ketua Panwaslu Buton Diberhentikan

Ketgam: Panwaslu Buton Saat Mendengarkan Putusan DKPP RI Melalui Video Confrence Di Bawaslu Sultra. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI memberhentikan La Saluruh sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton. Ia dianggap terbukti melakukan pelanggaran kode etik dalam melakukan rapat penetapan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati pilkada 2017.

Selain memberhentikan La Saluruh, DKPP juga memberi teguran keras terhadap anggota Panwaslu Buton yakni Mansur Maora. Sementara satu anggota Panwaslu Buton lainnya, Darwin hanya sebatas rehabilitasi karena tidak terbukti melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugasnya.

Putusan DKPP RI ini dibacakan langsung pimpinan sidang, Saut Hamonangan Sirait bersama Ketua DKPP RI, Jimly Asshiddiqie. Dalam putusannya, lelaki yang akrab disapa Saut ini mengatakan, memberhentikan Ketua Panwaslu Buton dari jabatannya serta memberi teguran keras terhadap anggota Panwaslu Buton.

“Menerima pengaduan pengadu untuk sebagian, menjatuhkan sanksi pemberhentian jabatan sebagai Ketua Panwaslu Buton atas nama La Saluru sejak dibacakan keputusan ini. Sementara anggota Panwaslu Buton atas nama Mansur Maora memberikan sanksi peringatan keras,” kata Saut dalam membacakan putusaannya yang disaksikan memalui video confrence di Kantor Bawaslu Sultra, Rabu (25/1).

Menanggapi putusan tersebut,  La Saluru  mengaku menerima apa yang menjadi putusan  DKPP RI.

Namun demikian, ia menganggap aduan yang membuat dirinya dipecat tersebut adalah keliru.

“Sesuai perintah dari DKPP RI saya terima diberhentikan sebagai Ketua Panwaslu Buton,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu Sutra, Munsir Salam menegaskan, pihaknya akan segera menindaklanjuti apa yang menjadi putusan DKPP RI itu. Menurutnya, pemecatan Ketua Panwaslu Buton hanya sebatas pergantian rutin saja, namun ini menyangkut pelaksanaan dari tugas-tugas dalam menghadapi momentum pilkada.

“Sesuai intruksi dari DKPP RI kami akan segera menindaklanjutinya. Ini akan ditangani langsung oleh Divisi ESDM Bawaslu Sultra dan itu akan secepatnya dilakukan pergantian. Mungkin besok sudah harus dibuatkan surat ke Panwaslu Buton untuk melakukan rapat pleno pergantian Ketua Panwaslu Buton,” pungkasnya. (m2/b/nur)

To Top