SMAN 9 Kendari Siap Ikut Uji Coba UNBK Serentak – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMAN 9 Kendari Siap Ikut Uji Coba UNBK Serentak

ilustrasi

KENDARI, BKK – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merencanakan uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  secara serentak di akhir Februari mendatang. Artinya, kesiapan sekolah harus benar-benar mantap, termasuk 33 SMA di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ditetapkan sebagai pelaksana ujian online tersebut.

SMAN 9 Kendari menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana UNBK. Terkait dengan kesiapan uji coba itu, sekolah ini sudah melakukan persiapan hingga 80 persen.

Kepala SMAN 9 Kendari, Nengah Negara MHum MFilH mengungkapkan, pihaknya mengupayakan agar kesiapannya bisa 100 persen sebelum jadwal uji coba tersebut. Untuk itu, pihaknya sudah mneyiapkan tiga ruangan sebagai tempat pelaksanaan, kemudian menambah jumlah komputer.

Untuk diketahui sekolah ini baru memiliki 34 unit komputer dan tiga buah server, sementara yang dibutuhkan sekitar 110 unit. Namun, menurut Nengah, pihaknya bekerja sama  dengan beberapa pihak yang siap meminjamkan komputernya.

“Kami sudah bermitra dengan SMPN 1 Kendari dan mereka siap meminjamkan 70 unit. Sedangkan 10 unit diantaranya, ada salah satu siswa yang meminjamkan 10 unit komputer sehingga kesiapan komputer sudah memadai,” ucapnya.

Ia menngungkapkan, walaupun UNBK masih hal baru bagi sekolanya, tetapi tak dijadikan sebagai kendala. Buktinya, saat ini pihaknya  mampu menyelesaikan hambatan terkait ketersediaan komputer.

“Jaringan sudah terpasang tinggal ditambah lagi agar semakin kuat. Begitupun dengan daya listrik, baru-baru ini kita tambah 7.500 watt. Pokoknya berbagai upaya kita sudah lakukan demi kelancaran UNBK nanti,” bebernya.

Sama halnya dengan kesiapan penguasaan materi Ujian Nasional (UN), tambahnya, sejak awal semester sudah dilakukan pengayaan juga tambahan belajar untuk semua peserta ujian.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra juga akan mengadakan try out paper test secara serentak, sebelum uji coba UNBK itu digelar.

“Semoga sekolah kami bisa menggelar UNBK 2017 ini dengan lancar. Meskipun masih hal baru, tetapi segala persiapan kita upayakan dengan baik,” imbuhnya. (p12/b/nur)

To Top