Konkep Bangun Pasar Kabupaten Rp 5,8 Miliar – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Konkep Bangun Pasar Kabupaten Rp 5,8 Miliar

LANGARA, BKK– Langkah Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT – Andi Muh Lutfi SE MM memacu perekonomian masyarakat semakin terlihat nyata. Hal ini ditandai dengan pembangunan pasar kabupaten yang rencananya dimulai pada tahun ini

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Konkep, James Mokke, mengatakan anggaran pembangunan pasar kabupaten itu bersumber dari APBN 2017 sebesar Rp 5,8 miliar. “Anggaran ini sifatnya sementara, bisa bertambah bisa juga berkurang. Kita masih sementara menunggu ketersediaan anggaran dari kementerian perdagangan,” jelasnya.

Mengenai kesiapan lokasi pembangunan pasar, mantan Asisten II Pemkab Konkep ini menyebut telah ada lokasi berukuran 1,8 hektar, yang berdampingan dengan pembangunan jalan baypass. Dia mengakui proyek pembangunan pasar kabupaten ini sempat terkendala soal lahan.

“Ini adalah upaya kerja keras pak Bupati, pak Wakil Bupati dan Kepala Bappeda sehingga kita dapat kembali anggaran ini, karena sebelumnya sudah ada rencana pembangunan ini, tapi tertunda karena persoalan lahan. Tapi sekarang lahannya sudah siap. Kita sementara menunggu SK Penetapannya dari Kementerian Perdagangan,” katanya.

Dengan adanya pasar ini, diharapkan bisa menggerakan sektor riil. Seperti hasil pertanian berupa sayur-sayuran, tidak perlu lagi didatangkan dari Kota Kendari maupun Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Sesuai hasil survey pasar yang kita lakukan, rata-rata penjual sayur-sayuran itu mengatakan bahwa mereka mendatangkan stok sayur dari Kota Kendari dan Konawe Selatan. Nah kalau sudah ada pasar di sini, saya yakin bisa menggerakan para petani sayur untuk menanam dengan kapasitas lebih besar karena sudah ada pemasarannya,” tandasnya. (k4/c/aha)

To Top