Kominfo Kolaka Pasang 12 Unit CCTV – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kominfo Kolaka Pasang 12 Unit CCTV

KOLAKA, BKK- Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kolaka telah memasang sedikitnya 12 unit Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa tempat strategis dalam kota Kolaka. CCTV yang bertugas 1 x 24 jam itu untuk memantau fasilitas-fasilitas publik milik Pemkab Kolaka.

Kepala Dinas Kominfo Kolaka H Abbas Madennuang mengakui mengatakan, sejumlah fasilitas atau aset milik Pemkab Kolaka belakangan ini dirusak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena itu, CCTV ini diharapkan akan mengungkap identitas para pelaku jika mengulangi perbuatannya.

“Selama ini banyak aset Pemda yang sudah dibangun menggunakan uang negara, tapi dirusak atau hilang. Ini semua karena adanya oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena itu kami memasang CCTV, sehingga bisa terpantau semua aktivitas masyarakat yang melalui tempat itu,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris DPRD Kolaka ini mencontohkan, di areal sekitar Masjid Agung, lampu-lampu taman selalu hilang, atau rusak karena dilempari. Karena itu, CCTV pun dipasang di Masjid Agung dan Rumah Adat Mekongga.

Dia menjamin monitor CCTV di 12 titik itu dipantau terus oleh petugas Dinas Kominfo. Sehingga jika ada kejadian di salah satu titiknya, pihaknya akan langsung melakukan tindakan.

“Tapi bukan saja mengawasi oknum warga kita yang nakal. Kalau ada kejadian lain, seperti kecelakaan atau kemacetan, kita bisa tindaklanjuti,” imbuhnya.

Adapun titik pemasangan CCTV tersebut antara lain, Kantor Bupati Kolaka, Pelabuhan Feri, Pasar Raya Mekongga, simpang Tugu 19 November, Pantai Wisata Kuliner, Taman Cocoa City, Masjid Agung serta Rumah Adat Mekongga.

“Masih akan ditambah lagi tetapi secara bertahap,” tandasnya.

Abbas menambahkan, pemasangan CCTV ini juga akan diintegrasikan dengan playanan Call Center 112 untuk tindakan yang lain, seperti rumah sakit, kantor kepolisian, Basarnas, Satpol PP dan pemadam kebakaran. (cr3/c/aha)

To Top