Tidak Ada Lagi Pergeseran Pejabat di Bombana – Berita Kota Kendari
Aktualita

Tidak Ada Lagi Pergeseran Pejabat di Bombana

Foto: (Sekda Bombana, H Burhanuddin A HS Noy SE MSi

RUMBIA, BKK – Rumor yang berkembang terkait rencana pelantikan dan pergeseran pejabat eselon dua, tiga, dan empat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bombana dalam waktu dekat ini cukup meresahkan sejumlah pejabat di daerah itu.

Pasalnya ditengah tingginya tensi politik menjelang Pilkada, sejumlah pejabat merasa takut kehilangan jabatannya pasca pelantikan yang dilakukan Pj Bupati Bombana Hj Sitti Saleha belum lama ini.

Keresahan para pejabat ini sudah terlihat sejak beberapa pekan terakhir utamanya bagi mereka yang bertugas dilingkup kelurahan dan kecamatan yang ada di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana H Burhanuddin A HS Noy SE MSi menepis rumor tersebut, menurutnya dalam waktu dekat ini belum akan dilakukan pelantikan pejabat baik eselon dua, tiga, termasuk eselon empat.

“Wacana yang berkembang jika akan ada pergeseran pejabat itu saya katakan tidak ada karena kami hanya mau lakukan perbaikan saja. Apa yang sudah dibacakan saat pelantikan 769 orang kemarin sudah itu yang jadi pejabat. Belum akan ada pelantikan,” kata Burhanuddin pada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK), Selasa (24/1).

Menurutnya untuk melakukan pelantikan, Pemda harus melalui sejumlah tahapan uji kompetensi kepada calon pejabat, sementara hingga saat ini proses tersebut belum dilakukan.

“Kita lantik pejabat itu ada mekanismenya, bukan asal melantik saja. Pelantikan ratusan pejabat kemarin itu telah melalui proses panjang dan saya bersama PJ Bupati, Hj Sitti Saleha SE MSi baru-baru ini telah melantik pejabat berdasarkan kemampuannya. Jadi tidak perlu diragukan kemampuan pejabat yang dilantik kemarin,” katanya.

Menyinggung soal adanya dua mantan pejabat eselon dua yang saat ini tidak mendapat jabatan yakni Mantan Kadis Kehutanan Muh Rukisah dan mantan Kadis Pertambangan Muh Yusuf Lara, Sekda mengatakan bahwa, keduanya kini sudah berstatus domisioner.

Tambah mantan Kadis Perhubungan Sultra ini, Muh Rukisah selaku mantan Kadis kehutanan kini tempatkan sebagai staf khusus di Sekretariat Daerah, sementara Muh Yusuf Lara sedang mengurus pensiun.

Kendati begitu, Burhanuddin mengaku bahwa dua mantan Kadis tersebut masih memiliki kesempatan untuk memangku jabatan yang sama dilingkup Pemda penghasil emas tersebut.

Sebab dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemda Bombana yang tergabung dalam Panitia Seleksi (Pansel) calon pejabat eselon dua akan kembali menyeleksi calon pejabat untuk menduduki jabatan yang masih kosong di enam dinas yang kini masih diisi oleh sekretaris masing-masing dinas.

“Intinya baik Muh Rukisah maupun Muh Yusuf Lara masih punya kesempatan untuk memangku jabatan eselon dua, hanya saja mereka harus mengikuti tahap seleksi yakni proses wawancara (fit and propert test) yang dilakukan oleh Pansel nanti. Jadi mereka tidak perlu berkecil hati,” tukas Burhanuddin. (cr2/c/lex)

To Top