Tak layak, Pasar Palangga Ditinggalkan Pedagang – Berita Kota Kendari
Aktualita

Tak layak, Pasar Palangga Ditinggalkan Pedagang

Ketgam: Bangunan pasar yang tidak ditempati dan telah ditumbuhi rerumputan

Andoolo, BKK – Bangunan Pasar Sentral Palangga yang menghabiskan anggaran 10 miliar rupiah dari bantuan APBN 2015 dengan tujuan untuk menampung pedagang eks pasar lokal Palangga terkesan mubazir, pasalnya ratusan pedagang enggan menempati bangunan tersebut karena dinilai tidak layak digunakan.

Sala satu pedagang eks pasal lokal Palangga, Ahmad, menyatakan kondisi pasar sentral Palangga sangat memprihatinkan karena banyak pedagang enggan menggunakan pasar tersebut untuk berdagang, Keraguan para pedagang untuk berdagang ditempat itu ditengarai oleh akses jalan yang tidak memadai untuk dilewati oleh para pembeli.

“Saya merasa rugi jika masi berjualan disitu jika kondisi dan keadaannya seperti itu, saya tidak tahu kenapa pengurus pasar tidak memperhatikan persoalan jalan, padahal kata pemerintah pasar ini dibangun untuk mencari lokasi yang layak untuk para pedagang,” tuturnya

Pedagang lainnya, Amir menyatakan hal yang sama, bahkan ia hanya sekali menggunakan pasar sentral palangga untuk berdagang hingga tidak lagi berdagang sama sekali ditempat itu karena pasar tersebut tidak layak untuk digunakan.

“Jika hal ini tidak segera diperbaiki oleh pemerintah saya yakin tempat itu tidak akan ditempati oleh para pedagang dan itu kami anggap pembangunan pasar sentral mubazir hanya membuang buang uang negara saja,” kesalnya.

Para pedagang mengakui untuk sementara kembali berjualan di eks pasal lokal Palangga sambil menunggu perbaikan pasar sentral Palangga dari pemerintah.

“Untuk sementara kita kembali ketempat pasar Palangga yang lama sambil menunggu kepastian dari pemerintah,” terangnya.

Berdasarkan pantauan wartawan Berita Kota Kendari di lapangan, pasar tersebut belum dilengkapi air bersih, lahan parkir yang tidak tersedia, banyak tempelan campuran pada tembok ataupun slop bangunan yang retak, pintu-pintu kios yang rusak, hingga tidak adanya akses jalan keluar jika kendaraan telah masuk sebab hanya bersifat satu arah.(k8/c/lex)

To Top