STQ Kali Ini Pakai Batasan Umur – Berita Kota Kendari
Beranda

STQ Kali Ini Pakai Batasan Umur

ilustrasi

KENDARI, BKK – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kota yang akan dihelat pada 19-21 Februari memperlombakan tiga cabang , yakni tilawah, hafzil Alquran, dan tafsir Bahasa Arab putra dan putri. Jika ditotalkan, sembilan kategori yang akan diperlombakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kendari Samsuri mengatakan, Selasa (24/1), panitia yang akan dilibatkan dalam kegiatan STQ nanti, yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Kemenag Kendari, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Untuk mengikuti lomba tersebut, kata dia, ada batasan umur yang diberikan sesuai dengan jenis perlombaan yang diikutinya.

Untuk cabang tilawah, jelas dia, pesertanya maksimal berusia 14 tahun. Kalau yang menghafal (Aluran) harus berusia 20-22 tahun, tidak boleh lebih.

“Kita sengaja pake batasan umur, karena yang menjadi perhitungan kami, jika suatu waktu anak tersebut berhasil menjadi jawara maka bisa mewakili daerahnya sampai ke tingkat nasional,” alasnya.

Ia mengatakan, pihak panitia sudah menyiapkan reward (penghargaan) kepada peserta yang berhasil menjadi juara dalam STQ tingkat kota ini. Hadiahnya, ungkap dia, berupa piala bergilir dan uang pembinaan.

Sementara itu, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Kemenag Kendari Rahman Napirah mengatakan, STQ tingkat kota tersebut dilakukan untuk menghadapi STQ tingkat provinsi, yang direncakan pada pekan kedua bulan Maret.

“Persiapan-persiapan yang sudah dilakukan pertama pembentukan panitianya, waktu pelaksanaannya, tempat pelaksanaanya, serta mengenai kesiapan peserta lomba sendiri yang akan diikuti seluruh Kecamatan yang ada di Kendari. Dan, tidak dibenarkan mengambil peserta dari luar Kota,” tuturnya.

Masi kata dia, rencananya STQ tingkat Kota tersebut akan dihelat di taman kota (tamkot) Kendari.

“Kita berharap melalui STQ ini, akan dihasilkan peserta-peserta yang memang berkualitas yang bisa diandalkan untuk maju ketingkat provinsi. Bahkan, saya juga sangat harapkan peserta tersebut dapat maju pun bertanding sampai ke tingkat nasional,” imbuhnya.

Ia juga berharap, STQ tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2018 yang akan datang. (cr6/c/iis)

To Top