Butur Dapat Jatah 1.400 Sertifikat Prona *Terjadi Penurunan Drastis dari Tahun Lalu – Berita Kota Kendari
Aktualita

Butur Dapat Jatah 1.400 Sertifikat Prona *Terjadi Penurunan Drastis dari Tahun Lalu

BURANGA, BKK-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun 2017 ini hanya dapat menyalurkan sertifikat tanah  proyek operasi nasional agraria (Prona) untuk sebanyak 1400 sertifikat. Hal ini berbanding terbalik dengan jatah yang didapatkan tahun 2016 lalu sebanyak 3300 sertifikat, dengan begitu berarti terjadi pengurangan sebanyak 1900 lembar sertifikat.

Pengurangan  jumlah sertifikat prona yang diporsikan untuk Butur tersebut disebabkan anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat untuk membiayai penertiban sertifikat diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu terjadi pemangkasan.

“Untuk tahun 2017, Kementerian Agraria dan Tata Ruang hanya memberikan jatah sertifikat prona khusus untuk Buton Utara hanya sebanyak 1400,”kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPN Butur, Arbi ketika ditemui di kantornya, Selasa (24/1).

Dijelaskannya, regulasi  penyaluran sertifikat prona ditahun 2017 bakal menggunakan sistem Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang  nomor 53 tahun 2016 yang telah disahkan.   Dengan demikian, BPN tak bisa lagi menerbitkan beberapa sertifikat tanah dalam setiap desa atau sistem paradis yang biasa diterapkan, kini tak berlaku lagi.

“Melalui sistem PTSL  penyaluran sertifikat prona mengupayakan dalam satu desa, semua tanah yang belum mengantongi sertifikat semua diberikan sertifikat. Secara otomatis BPN tak diperbolehkan lagi menerbitkan beberapa sertifikat dalam satu desa. Sehingga nantinya dalam setiap tanah didaerah pedesaan yang belum mengantongi sertifikat bakal digilir mendapatkan program sertifikat prona,”jelas dia

Sebelumnya, pihaknya bakal terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Agenda itu rencananya baru bergulir Februari 2017 mendatang. Dengan demikian, dirinya belum dapat memastikan berapa desa di Butur yang akan mendapatkan jatah sertifikat tanah gratis ditahun ini.

“Saya belum bisa memastikan desa mana saja yang akan mendapatkan sertifikat prona dan berapa jumlahnya. Nanti akan ditetapkan berdasarkan regulasi yang ada dalam waktu dekat,”imbuhnya.

Kendati demikian, dia berharap pemerintah desa segera membenahi batas wilayahnya. Sehingga program ini berjalan lancar, mengingat masih banyak desa di Butur batas wilayahnya belum ditetapkan. (k5/c/lex)

To Top