Sudah Tiba di Kendari 186.512 Lembar Kertas Suara – Berita Kota Kendari
Headline

Sudah Tiba di Kendari 186.512 Lembar Kertas Suara

ilustrasi

KENDARI, BKK – Kertas suara yang dicetak di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Senin (23/1).

Kepala Divisi Logistik pada KPU Kota Kendari Abdul Wahid Daming mengatakan, surat suara yang disediakan sebanyak 184.512 berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), ditambah 2,5 persen basis dari tempat pemungutan suara (TPS), serta ditambah pemilih susulan sebanyak 2.000 orang.

“Jadi, total secara keseluruhan surat suara yang dicetak sebanyakl 186.512. Jadwal pengiriman surat suara lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Sebelumnya, kami menjadwalkan bahwa surat suara tersebut bakal tiba di Kendari pada 30 Januari nanti,” terangnya, saat ditemui usai melakukan kegiatan bimbingan teknis (bintek) terpadu.

Ia menambahkan, proses pengiriman kertas suara melalui jalur darat, dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) ditambah dengan pengamanan yang disiapkan dari KPU Kota Kendari sebanyak empat orang, serta pengamanan dari KPU kota atau kabupaten lain.

Pasalnya, surat suara yang dikirimkan itu ada juga kepunyaan tiga KPU lainnya, selain KPU Kota Kendari.

Masih kata dia, sebelum dilakukan proses penyortiran, terlebih dulu KPU akan melakukan pemeriksaan dan menyelesaikan proses administrasinya. Setelah itu, lanjut dia, barulah dilakukan penyortiran dan proses pelipatan.

Dengan proses percetakan yang lebih cepat dibanding dari yang direncanakan, membuat KPU Kota Kendari akan lebih menghemat waktu dan akan lebih memaksimalkan dalam proses penyortirannya.

“Surat suara hari ini masuk di Kendari dan langsung disimpan di gudang KPU yang terletak di dekat perempatan Rumah Sakit (RS) Jiwa. Kami akan langsung melakukan pemeriksaan barang. Setelah itu, langsung dilakukan pemeriksaan oleh bendahara barang yang kemudian diserahkan ke KPU Kota Kendari yakni divisi logistik untuk dikelola,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pemilihan nantinya, yang bisa membatalkan proses pemilihan di salah satu TPS, pihaknya menyiapkan surat suara pemilih susulan sebanyak 2.000 lembar.

“Jumlah tersebut disesuaikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ada kejadian di TPS pada proses pemilihan nantinya, yakni suatu hal yang tidak diinginkan, terutama keributan dan huru-hara sampai pemilihan tersebut dibatalkan. Maka, akan ditambahkan surat suara itu dan yang dipersiapkan itu sebanyak 2.000 lembar kertas suara,” pungkasnya. (m2/c/iis)

To Top