Proyek Pemprov “Kendari New Port” Diterpa Masalah dengan Pemkot – Berita Kota Kendari
Headline

Proyek Pemprov “Kendari New Port” Diterpa Masalah dengan Pemkot

Ketgam: Syahrul Beddu

KENDARI, BKK– Proyek pembangunan Kendari New Port menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) di 2017. Proyek tersebut ditargetkan selesai dan akan beroperasi pada 2018 mendatang.

Wakil Ketua Komisi III Dewan Pereakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra H Syahrul Beddu menungkapkan, pihaknya sudah melakukan rapat pembahasan anggaran bersama PT Pelindo, saat kunjungannya ke Makassar pada akhir Desember 2016.

“Kunjungan kita ke Makassar itu dalam rangka memastikan tentang progres keseluruhan pembangunan Kendari New Port oleh Pelindo IV Makassar,” paparnya, , Senin (23/01),  saat ditemui di ruang kerjanya di Sekretariat DPRD Sultra.

Ia menjelaskan, anggaran mega proyek ini ditetapkan sebesar Rp 936 miliar, bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 635 miliar dan Rp 301 miliar bersumber dari PT Pelindo.

Dikatakan, realisasi fisik pembangunan Kendari New Port sudah berjalan 24,8 persen. Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 936 miliar tersebut ditargetkan selesai di 2018.

“Ketika kita tanya bagaimana komitmne mereka (PT Pelindo, red) menyelesaikan proyek ini, dipastikan akan launching pada 2018, tepatnya di bulan Juni,” petik Syahrul Beddu.

Namun demikian, aku Syahrul, pembangunan Kendari New Port saat ini masih terkendala pada sharing pembangunan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Yaitu, berkait jalan sepanjang 600 meter menuju titik pelabuhan. Masalah ini dinilai sedikit menghambat laju percepatan pembangunan fisik atau progres lanjutan dari skedul yang sudah didesain PT Pelindo.

“Kami berharap Pemkot Kendari segera merespons terkait apa yang menjadi hambatan yang menjadi keluhan PT Pelindo,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembangunan Kendari New Port ini akan memberikan implikasi yang baik bagi perekonomian di Sultra. Sebab, menurutnya, keberadaan pelabuhan dapat mendukung laju perekonomian daerah.

“Terlepas dari semua hambatan, semoga pembangunan Kendari New Port bisa berjalan dengan lancar sehingga  dapat beroperasi sesuai dengan yang direncanakan,” tutupnya. (p11/c/iis)

To Top