KPU Kota Kendari Impor 880 Bilik Suara dari Kolaka – Berita Kota Kendari
Headline

KPU Kota Kendari Impor 880 Bilik Suara dari Kolaka

Ketgam: Abdul Wahid Daming. (Foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK– Masalah kekurangan bilik suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari akhirnya menemukan solusinya. Adalah Kabupaten Kolaka yang menyelamatkan muka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Kepala Divisi Logistik pada KPU Kota Kendari Abdul Wahid Daming mengungkapkan, pihaknya terpaksa meminjam bilik suara yang terbuat dari aluminium dari KPU Kolaka sebanyak 880 unit.

Kekurangan bilik suara, menurut dia, disebabkan KPU Kota Kendari pernah kecurian saat masih di kantor lama, di seputaran eks-MTQ Square.

“Memang biliknya sudah kembali, namun dengan kondisinya rusak, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pinjaman,” terangnya, saat ditemui di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (23/1). Kenapa tidak beli?

“Sebenarnya kami bisa adakan bilik suara. Kami punya anggaran untuk mengadakan bilik, namun karena kami berpikir untuk melakukan penghematan anggaran. Kenapa mesti kita adakan kalau memang bisa kami meminjam di KPU Kolaka,” katanya.

“Dengan meminjam, kami tidak membuang anggaran yang begitu banyak, paling hanya sebatas anggaran transportasi dan biaya pengangkutan saja,” sambungnya, sembari menambahkan, bilik suara sebanyak 880 unit itu sudah tiba di Kendari dari Kolaka.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Pilwali Kota Kendari membutuhkan sebanyak 1.040 bilik suara. Sementara, bilik suara yang dimiliki KPU hanya sebanyak 163 unit.

Sebagai langkah antisipatif, KPU Kota Kendari mengontak KPU terdekat, antara lain Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe.

“Tapi, ternyata keduanya tidak memiliki bilik suara sebanyak yang dibutuhkan. KPU Konsel hanya mempunyai 90 bilik suara saja,” paparnya. Di saat-saat genting itu, untunglah KPU Kolaka punya stok sebanyak yang dibutuhkan. (m2/c/iis)

To Top