Kapabilitas Lembaga Survei akan Terjawab di Hasil Pemilu – Berita Kota Kendari
Beranda

Kapabilitas Lembaga Survei akan Terjawab di Hasil Pemilu

Keterangan Gambar : Rasyd
(Faisal/BKK)

KENDARI, BKK– Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), tidak sedikit lebaga survei yang bermunculan untuk memberikan penilaian terhadap persentase kemenangan calon kepala daerah. Tak jarang juga ditemukan hasil penilaiannya selalu menuai perbedaan.

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Rasyd mengatakan, keberadaan lembaga survei ibarat kompas, dimana lembaga survei dapat memberikan gambaran terhadap masyarakat terkait peluang menang masing-masing calon kepala daerah.

Ia menilai, dalam memprediksi masa depan, dalam hal ini hasil yang diraih para kandidat, itu sudah digunakan lembaga riset. Namun, sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), lanjutnya, lembaga survei yang bisa memberikan penilaian hanya yang sudah terdaftar di KPU setempat.

“Apakah lembaga-lembaga survei ini mempunyai kapabilitas, itu akan dilihat pada hasil pemilu nanti,” ujar Rasyd saat ditemui di ruang kerjanya di Sekretariat DPRD Sultra, Senin (23/01).

Anggota DPRD asal daerah pilih (Dapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel)-Bombana ini menegaskan, adalah suatu keharusan lembaga survei menggunakan pendekatan akademis. Bukan menggunakan mimbar atau pendekatan politis dalam memberikan penilaian.

Selain itu, lanjut Rasyd, lembaga survei harus betral mempersentasekan hasil risetnya dan diharuskan dapat memberikan nilai edukasi politik kepada masyarakat. Bukan malah terpolitisasi atau condong pada proyek atau borongan dari pasangan calon.

“Saya secara pribadi sangat menghargai nilai-nilai keilmuan karena mereka memiliki ilmu untuk mengukur itu. Oeh karena itu saya berharap teman-teman lembaga survei jangan rusak citra nilai-nilai keilmuan yang dimilikinya,” tandasnya. (p11/b/nur)

To Top