Selain Banjir, Kendari Rawan Kebakaran – Berita Kota Kendari
Beranda

Selain Banjir, Kendari Rawan Kebakaran

ilustrasi

KENDARI, BKK – Masyarakat Kota Kendari mesti mewaspadai bencana banjir dan kebakaran. Pasalnya,  dua bencana alam tersebut kerap kali melanda Kendari belakangan ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari,  Suhardin mengakui, bencana yang paling rawan terjadi di Kendari, selain banjir adalah kebakaran. Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat setempat agar tidak membuang sampah disembarang tempat, utamanya di kali.

“Kami sudah memasang papan larangan agar masyarakat kota bisa tertib dalam membuang sampahnya.

Selain itu, jika terjadi kebakaran kami (BPBD, red) akan menindak lajutinya dan membantu masyarakat,” ungkapnya ,Sabtu (21/1).

Dikatakannya, pihaknya sudah melakukan pemetaan titik-titik yang rawan banjir. Sejauh ini, kata dia, ada 10 titik yang rawan banjir di Kendari diantaranya Kali Wanggu dan wilayah  Kecamatan Baruga.

“Kami sudah melakukan persiapan untuk menghadapi itu. Namun kami harap peristiwa banjir yang pernah melanda Kendari 2013 lalu tidak terjadi lagi,” paparnya.

Salah satu persiapan yang dilakukan, kata dia, dengan memberikan pelatihan kepada seluruh relawan yang ada saat ini. Sehingga, lanjutnya, ketika banjir dan kebakaran mereka (relawan, red) bisa bergerak cepat untuk membantu masyarakat.

“Namun saya optimis bencana banjir akan terhindarkan, sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sudah melakukan perbaikan-perbaikan, utamanya drainase ada saat ini sudah mulai membaik. Sehingga air dapat mengalir dengan baik dan tidak menimbulkan genangan,” ujarnya.

Kendati demikian, ulang Suhardin, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai banjir dan kebakaran . (Cr6/c/nur)

To Top