Persiapan Pustaka Bajo dalam Budayakan Literasi Lingkungan – Berita Kota Kendari
Beranda

Persiapan Pustaka Bajo dalam Budayakan Literasi Lingkungan

Ketgam: FOTO- Amin Tunda

KENDARI, BKK–  Perubahan ekosistem lingkungan yang paling utama disebabkan oleh perilaku masyarakat yang kurang baik dalam pemanfaatan sumber-sumber daya alam dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Dalam rangka upaya pelestarian lingkungan menjadi perhatian Pustaka Bajo dengan merencanakan kegiatan yang menyasar lingkungan pesisir dengan tema  “Literasi Lingkungan; Bersihkan Laut dari Sampah”.

Dalam kegiatan tersebut Pustaka Bajo bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UHO, Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO, Laboratorium Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UHO dan Tim Bantuan Medis (TBM) Ischiadicus Fakultas Kedokteran UHO. Kegiatan ini akan dilaksanakan 12 Februari 2017 mendatang di Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Dosen sekaligus panitia kegiatan tersebut, Amin Tunda  mengatakan, persoalan lingkungan sudah menjadi isu nasional maupun global untuk di pecahkan. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan salah satunya dengan melakukan kegiatan literasi lingkungan.

“Kegiatan ini juga mendapat respons positif dari beberapa komunitas yang peduli lingkungan, seperti kedai kopi arus, komunitas arus, teman kecil production, sagarmata, serta beberapa media massa,” ucapnya saat ditemui, Minggu (22/1).

Ia menambahkan, saat ini, masalah yang teridentifikasi di desa-desa pesisir, khususnya Desa Bajo Indah adalah belum tersedianya penampungan sampah rumah tangga, kemudian kurangnya penampungan sampah desa, serta belum tersedianya tempat pembuangan akhir yang dekat dengan pemukiman dan belum tersedianya transportasi pengangkut sampah.

“Menyikapi hal tesebut, maka kami merumuskan jenis-jenis kegiatannya, seperti donasi kantong kresek bekas, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan lingkungan dan aksi bersih pesisir,”bebernya.

Langkah awal sedang dilakukan, lanjutnya, sebulum hari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah donasi kantong kresek bekas. Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Kendari yang ingin berpartisipasi mencintai lingkungan untuk mendonasikan kantong kresek bekasnya dan dapat dikumpulkan di kedai kopi arus, kompleks pasar buah Kendari.

“Kantong kresek ini akan menjadi  penampungan awal sampah yang telah dipungut dari pesisir  laut Desa Bajo Indah nanti,” tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini akan membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan pesisir dan tidak membuang sampah ke laut karena akan memberikan dampak negatif bagi biota laut dan lingkungannya. (p12/c/nur)

To Top