NJOP Rendah, Masyarakat Kendari Rugi – Berita Kota Kendari
Beranda

NJOP Rendah, Masyarakat Kendari Rugi

ilustrasi

KENDARI, BKK –  Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Kota Kendari masih jauh dari harga pasar. Jika dipersensatekan baru sekitar 25 persen dari harga pada umumnya.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kendari, Nahwa Umar mengungkapkan, harga lahan  maupun perumahan di Kota Kendari memang masih terbilang rendah.   Ia mencontohkan, tanah di belakang matahari brillian plaza, NJOP di lokasi tersebut Rp 250 ribu per meter, padahal harga pasar itu kurang lebih Rp 1 juta per meter.

“NJOP kita yang rendah ini sebenarnya yang rugi adalah masyarakat. Sebab orang akan datang dan membeli tanah pake NJOP yang ada di PBB, sehingga yang diuntungkan adalah pembeli.  Apa lagi kita ini kota berkembang, banyak sekali orang yang berminat datang beli tanah,” ungkap Nahwa Umar, Sabtu (21/1)

Rendahnya NJOP di Kendari tersebut, membuat pihaknya bermaksud melakukan penaikan. Paling tidak naik 50 persen atau hampir setara dengan harga pasar.

“Namun niat baik kami untuk membantu masyarakat, malah tidak direspon positif oleh masyarakat. Sehingga, dari pada ribut, akhirnya kita koreksi kembali dan menurunkannya,” ujarnya.

Sebenarnya maksud menaikkan NJOP tersebut, lanjut dia, pihaknya ingin memberikan keuntungan ganda terhadap masyarakat. Apa lagi pembayaran pajak yang dikhawatirkan warga akan naik jika NJOP dinaikkan, juga hanya dilakukan  sekali dalam setahun.

“Pengalaman kami tidak sedikit masyarakat yang datang untuk menaikkan NJOP saat tanahnya akan dilakukan ganti rugi, tetapi saat membayar pajak masyarakat minta diturunkan,” katanya.

Pihaknya sendiri juga tetap memberikan jalan kepada masyarakat yang ingin mengurangi beban pajak. Itupun berdasarkan regulasi yang ada.

Saat ini, tambahnya, pihaknya sedang sedang mengefektifkan tanah-tanah yang belum pernah membayar pajak. Sehingga, keinginannya untuk menaikkan NJOP belum dapat terlaksana di 2017 ini.  (Cr6/c/nur)

To Top