JELANG IMLEK Artha Graha Gelar Pasar Murah – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

JELANG IMLEK Artha Graha Gelar Pasar Murah

FAISAL/BERITA KOTA KENDARI
SANGAT MURAH. Pihak Artha Graha saat menyerahkan paket sembako kepada masyarakat Kelurahan Kasilampe, Kendari Barat, Sabtu (20/1)

KENDARI, BKK– PT Artha Graha Kendari menyelanggarakan Pasar Murah di Kelurahan Kasilampe, Kecamatan Kendari Barat, Sabtu (21/1), untuk menyambut Hari Raya Imlek. Ratusan masyarakat pun memadati Kantor Lurah Kasilampe untuk mendapatkan paket sembako dengan harga murah.

Sekretaris PT Artha Graha Kendari, Obay Hilmi Akbar mengatakan, pasar murah merupakan salah satu kegiatan dari Artha Graha Peduli yang rutin dilaksanakan setiap tahun di seluruh Indonesia, sebagai bentuk program CSR Artha Graha.

Ia menjelaskan, pihaknya menyediakan paket sembako yang dapat dibeli secara murah oleh masyarakat. Paket tersebut, terdiri dari 2 Kg beras, 1 liter minyak goreng, mie instan 3 bungkus, serta 1 Kg gula pasir. Satu paket pun hanya dibanderol Rp 25.000.

“Paket sembako ini kita subsidi sebesar 55 persen, di mana harganya semula mencapai 60 ribu. Jadi masyarakat dapat membeli dengan harga 25 ribu,” ungkap Akbar saat ditemui di kegiatan pasar murah di Kelurahan Kasilampe, Kendari Barat.

Ia mengungkapkan, pihaknya hanya menyediakan 200 paket pada setiap kelurahan. Adapun yang berhak mendapatkan paket sembako murah ini adalah masyarakat asli Kasilampe yang tergolong tidak mampu. Untuk itu, warga harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), setelah itu masyarakat akan mendapatkan kupon yang akan ditukarkan dengan paket sembako.

Ia menyebutkan, kegiatan pasar murah rutin dilakukan 3 kali dalam setahun, yaitu pada saat menjelang hari raya umat beragama. Kegiatan dilakukan pada awal tahun, dalam hal ini menjelang hari raya Imlek. Kemudian menjelang Ramadhan, serta pada perayaan Natal dan tahun baru di akhir tahun.

“Karena ini kegiatan di awal tahun, maka kita buat kegiatan pasar murah Imlek dengan tema bersyukur, berbakti dan berbagi,” ujar Akbar.

Akbar menjelaskan, kegiatan pasar murah akan digelar di sepuluh kelurahan di Kendari, terkhusus pada kelurahan yang berada di sekitar kantor unit Artha Graha. Kesepuluh kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Mata, Kasilampe, Punggaloba, Korumba, Tobuha, Puwatu, Kambu, Andonohu, Pundambea, dan Newila.

“Hari ini kita laksanakan di dua kelurahan dulu secara bersamaan, yaitu di Kasilampe dan Mata. Setelah itu besok menyusul di kelurahan lainnya sampai hari Kamis penutupan di Puuwatu,” tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini Artha Graha dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat. Selain itu, masyarakat yang kurang mampu dapat terbantu.

“Walaupun ini tidak seberapa, kami berharap masyarakat bisa terbantu,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat Kelurahan Kasilampe, Hasna, mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan program tersebut. “Alhamdulillah kita syukuri. Baru saya orang tidak ada suamiku, tidak ada kerjaku, jadi hanya menunggu saja kalau ada kiriman dari anakku,” ungkap janda berusia 74 tahun ini.

Hal senada diungkapkan oleh Tuti (69), yang sehari-harinya berdagang kue keliling di sekitaran Kecamatan Kendari Barat. “Yah kita syukuri kasian, karena kalau kita mau harap hasilnya jual kue kita mau beli ini susah,” ungkap ibu beranak 3 ini. (p11/b/aha)

To Top