Hindari Kecurangan di TPS, Panwaslih Kendari Lantik 520 Panwas – Berita Kota Kendari
Beranda

Hindari Kecurangan di TPS, Panwaslih Kendari Lantik 520 Panwas

KENDARI, BKK– Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Kendari melantik 520 panitia pengawas (Panwas) Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mereka akan ditempatkan di semua TPS saat pemungutan suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwali) 15 Februari mendatang.

Ketua Panwaslih Kendari, Alasman Mpesau mengatakan, pembetukan panwas ini untuk menghindari segala bentuk kecurangan saat pemungutan suara di TPS. Dengan demikian, segala sesuatu  yang berpotensi menggagalkan atau mencipatkan gugatan dalam momentum Pilwali Kendari dapat terhindarkan.

“Pelantikan 520 panwas ini disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di pilwali ini, yaitu sebanyak 520 TPS. Jadi setiap TPS akan diawasi satu panwas,” terang Alasman yang ditemui usai pelantikan panwas TPS, Minggu (22/1).

Panwas TPS yang dilantik, lanjutnya, merupakan orang pilihan yang diseleksi agar bisa lolos dan untuk memparipurnakan kerjanya nanti, akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (Bimtek) terpadu bersama KPPS.

“Setelah mereka kita lantik, kita juga akan menggelar bimtek agar kerja mereka di lapangan bisa profesional,” jelasnya.

Untuk kerja panwas TPS itu sendiri, beber Alasman, yaitu dari segi pengawasan. Mulai dari awal proses pemilihan hingga rekapitulasi suara.

“Kita siapkan mereka untuk mengawasi dari awal proses pemilihan hingga selesai. Dimana kami berharap dengan hal itu, bisa mengantispasi segala bentuk kecurangan,” pungkasnya.(cr5/b/nur)

To Top