Hasil Survei Saiful Mujani, Zayat-Syahria Unggul Tipis Endang SA: Floating Voters Tinggal 12 Persen – Berita Kota Kendari
Headline

Hasil Survei Saiful Mujani, Zayat-Syahria Unggul Tipis Endang SA: Floating Voters Tinggal 12 Persen

KENDARI, BKK– Hasil riset lembaga survei Saiful Mujani atas tiga Pasangan Calon Wali Kota Kendari menempatkan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud (Zayat-Syahria) menang tipis mengalahkan dua pesaingnya, Abdul Rasak-Haris Andi Surahman (Rasak-Haris) dan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-Sul).

Hasil survei jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 15 Februari 2017 diumumkan secara tertutup pada Sabtu (21/1).

Adalah tim pemenangan Zayat-Syahria, Muhammad Endang SA mengungkapkan kepada wartawan koran ini, Sabtu, usai rapat tertutup.

“Intinya, alhamdulillah. Kami sangat puas dan mengapresiasi apa yang menjadi kerja tim untuk memenangkan paslon Zayat-Syahria. Namun, yang perlu dipahami bahwa kami tidak mencari Wali Kota Kendari berdasarkan hasil survei, melainkan betul-betul target menang pada pemilihan 15 Februari 2017 mendatang,” katanya.

Mantan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra ini menambahkan, hasil survei tersebut sebenarnya hanya untuk konsumsi internal tim paslon Zayat-Syahria.

Menurut dia, itu untuk melihat kekuatan basis pasangan nomor urut 3 yang ternyata mengalahkan dua pesaingnya.

“Hasil survei ini memang sengaja kami gelar tertutup. Jika dirilis terbuka, kesannya kami terlalu percaya diri, bersenang-senang, dan bisa jadi sombong. Sehingga, disisa waktu yang tinggal 24 hari lagi, masih ada kesempatan untuk bekerja lebih maksimal,” jelasnya.

Masih kata dia, survei Saiful Mujani dilakukan pada 13-15 Januari lalu dengan pola sampel acak, mengambil sampel 1.200 orang yang tersebar di 10 kecamatan se-Kota Kendari.

“Berdasarkan hasil survei ini, pemilih yang floating voters atau sama sekali belum menentukan pilihannya, tinggal 12 persen. Namun, militansi paslon Zayat-Syahria pada survei juga tertinggi dan paling loyal hingga sebanyak 98 persen pendukungnya sudah tidak akan berpindah pilihannya,” jelas Endang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sultra ini juga menambahkan, meski sudah berada di atas angin,  dirinya bersama tim pemenangan paslon Zayat-Syahria akan terus bekerja keras demi memperoleh kemenangan pasti.

“Kami akan terus berjuang dan terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan memanfaatkan waktu yang tinggal beberapa hari lagi. Semua partai pengusung rata-rata di atas 50 persen memberikan pilihan kepada paslon nomor urut 3 ini,” pungkasnya. (m2/b/iis)

To Top