Debat Kandidat Calon Bupati Bombana #2 Kandidat Bersaing Tebar Janji – Berita Kota Kendari
Suksesi

Debat Kandidat Calon Bupati Bombana #2 Kandidat Bersaing Tebar Janji

Ketgam : Dua Palon Bupati dan Wakil Bupati Bombana dipandu reporter KompasTV, Frisca Clarissa (tengah) saat acara debat kandidat di aula kantor bupati setempat, Minggu (22/1). Foto; Ahmad Ridha/BKK

RUMBIA, BKK – Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Minggu (22/1), berjalan sukses. Dipandu  presenter KompasTV, Frisca Clarissa, kedua pasangan calon (Paslon), yakni Kasra J Munara-Man Arfah  (nomor urut 1) dan Tafdil-Johan Salim  (nomor urut 2)  menebar janji kepada masyarakat setempat.

Kasra J Munara-Man Arfah yang mengusung tagline Berkah berjanji akan mengalokasikan dana sebesar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar untuk tiap desa per tahunnya.

“Anggaran tersebut untuk program pengembangan ekonomi kerakyatan di setiap desa yang ada di Bombana ini,” ungkap Kasra dalam deba yang digelar di Aula Kantor BUpati Bombana itu.

Selain itu, pembangunan  jalan, jembatan dan sejumlah infrastruktur lainnya juga akan menjadi prioritas pembangunannya saat terpilih nanti. Terlebih, katanya, hal itu sudah menjadi tanggung jawab setiap pemerintah daerah, sehingga siapa pun yang terpilih di pilkada ini wajib untuk melakukannya.

“Pembangunan infrastruktur seperti yang ada saat ini pasti akan saya lakukan. Yang jadi masalah sekarang adalah, apalah gunanya itu jalan bagus sementara daerah yang kita cintai ini masih terus berstatus tertinggal,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyekolahkan satu orang dalam setiap desa. Tujuannya, agar setelah kuliah nantinya warga yang telah mendapat bantuan studi tersebut dapat penjadi pelopor pelaku ekonomi di desanya.

Sementara pasangan Tafdil-Johan Salim  juga menyampaikan sejumlah janjinya. Hampir sama dengan program paslon nomor urut 1, pasangan bertagline Bertahan ini juga menjanjikan  dana sebesar Rp 500 juta per tahunnya.

Tafdil yang tampil sebagai calon bupati  mengatakan, kucuran dana 500 juta per desa ini nantinya akan diberikan melalui program gembira desa.

“Ini bukan janji, karena program gembira desa ini sudah saya lakukan sebelumnya,” katanya.

Calon bupati petahana ini juga berkeyakinan jika pada pilkada yang akan dihelat 15 Februari mendatang, dirinya akan terpilih kembali untuk memimpin Kabupaten Bombana lima tahun ke depan.

“Saya ini pernah menjadi bupati di sini dan saya yakin akan kembali terpilih. Didampingi pak  Johan Salim dari kalangan legislatif, saya yakin akan oppo (terpilih lagi) dalam pemilu ini,” terang Tafdil.

Sementara itu, ketua KPU Bombana Arisman mengatakan, acara debat kandidat ini bertujuan untuk menyebar luaskan program visi dan misi calon bupati dan wakil bupati untuk periode 2017-2022 ini.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memberikan informasi yang konkret kepada masyarakat tentang program kandidat, menggali dan mengolaborasi secara dalam tentang materi dan tema.

“Dalam debat kandidat ini akan digali integritas menyangkut masalah komitmen pemimpin ketika terpilih, masalah leadership (kepemimpinan). Termasuk menggali kapasitas dalam memberikan pemahaman tentang program pembagunan selama lima tahun ke depan ketika terpilih satu dari dua pasangan calon yang ada,” tandasnya. (cr2/b/nur)

To Top