Proyek Sepi, Permintaan Bahan Bangunan Menurun – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Proyek Sepi, Permintaan Bahan Bangunan Menurun

KENDARI, BKK– Memasuki awal tahun 2107, permintaan bahan bangunan di Kota Kendari mengalami penurunan drastis, setelah di triwulan keempat sempat mengalami lonjakan. Penurunan penjualan ini sudah menjadi tren setiap tahunnya.

Kepala Marketing Pemasaran Maxwell depo teknik dan bangunan, Barnabas Betteng mengakui, kurangnya permintaan terhadap bahan bangunan di Kendari sudah menjadi hal yang rutin terjadi saat memasuki awal tahun, yaitu pada Januari dan Februari.

“Seperti kita ketahui, Januari dan Februari itu pembangunan belum berjalan, apa lagi pada proyek-proyek pemerintah. Sehingga, kita kekurangan permintaan,” ujar Barnabas saat ditemui di Maxcell Depo Teknik dan Bangunan, Jumat (20/1).

Ia menjelaskan, permintaan bahan bangunan di awal tahun 2017 jauh lebih rendah dibanding November dan Desember 2016. Penjualan bahan bangunan di awal 2017 diperkirakan menurun hingga 20 persen.

“Untuk penjualan di Januari 2017 ini belum kita catat karena Januari belum berakhir. Tapi sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kita memperkirakan penjualan di Januari sampai Februari itu jauh lebih rendah dibanding November dan Desember,” jelas Barnabas.

Ia menambahkan, kurangnya permintaan pasar akan bahan bangunan tidak berpengaruh terhadap harga. Meski permintaan menurun, harga masih tetap sama seperti pada akhir 2016, dalam hal ini Maxcell tidak akan menurunkan harga untuk memancing konsumen.

“Justru memasuki April 2017 harga bahan bangunan kita perkirakan akan mengalami kenaikan, kita sesuaikan dengan permintaan dan harga pasar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kenaikan harga bahan bangunan saat memasuki bulan April juga sudah menjadi trend seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab pada saat itu, biasa terjadi peningkatan permintaan pasar.

“Memasuki April jelas akan ada kenaikan harga, namun kenaikan hanya berkisar pada 10 hingga 15 persen saja,” ungkap Barnabas. (p11/c/aha)

To Top