Pengadaan Speedboat Tanpa Perencanaan # Pengakuan PPTK Proyek Speed Boat – Berita Kota Kendari
Headline

Pengadaan Speedboat Tanpa Perencanaan # Pengakuan PPTK Proyek Speed Boat

RAHA,BKK – Sebagai PPTK pengadaan speedboat Pemda Muna La Ode Sumuli SE MSi mengungkapkan bahwa pembelian speedboat Pemda Muna itu tanpa ada gambar dan penrencanaan. Katanya hal ini dilakukan berdasarkan DPA tahun 2013.

“Memang dalam DPA itu tidak dicantumkan spesifikasi dan gambar. Cuma ditulis pengadaan kendaraan opersional Pemda Muna. Demikian juga dengan penrencanaanya tidak ada, karena tidak ada anggaran perencnaanya,” kata mantan Kabag Umum Pemda Muna ini kemarin ketika dikonfirmasi soal spesifikasi speed yang diisukan tidak sesuai spek hingga “dirumahkan” oleh Pemda Muna.

Terkait pemenang tender PT Rido Amania yang diisukan tidak layak sebegai pemenang tender dalam pengsdaan speed tersebut, Sekrearis Inspektorat Kabupaten Muna ini enggen mengomentari hal itu.

“Kalau masalah itu, bisa ditanyakan pada panitia lelangnya. Tapi memang kita pernah diperiksa Polda Sultra terkait hal ini, namun sudah dihentikan penyelidikannya,” ujar La Ode Sumuli.

Meskipun demikian, dia tidak membantah jika salah satu hasil temuan BPKP waktu itu adalah pihak perusahaan ddenda lebih Rp 300 juta, karena terlambat menyelesaikan pebuatan speed itu.

“Pihak perusahaan memang didenda sekitar Rp 300 juta waktu itu, pembayaran cicil, belum lama ini baru dibayar lagi. Pembuatan speed ini dilakukan di Sidoarjo. Speed ini tidak gunakan bukan karena rusak, tapi karena mata motoris tidak awas kalau bawa speed kecepatan tinggi,” dalih La Ode Sumuli.

Meskipun berdalih mata motoris pembawa speed tidak awas, namun anehnya dia membenarkan  bahwa yang membawa speed Pemda yang dipakai Bupati Muna LM Rusman  Emba  saat ini, adalah motoris yang sama yang menurut penjelasan La Ode Sumuli matanya tidak awas kalau bawa speed. (cr1/c/lex)

To Top