Lingkar Sultra

Pembukaan STQ Konsel Diikuti 5.000 Orang

MARWAN TOASA/BERITA KOTA KENDARI
PRA MTQ. Bupati Konsel, Surunuddin saat membuka Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran tingkat kabupaten, di Kecamatan Palangga, Jumat (20/1).

ANDOOLO, BKK– Kecamatan Pallangga kini menjadi pusat perhatian di Konawe Selatan. Sejak kemarin, ribuan orang berkumpul di Pallangga untuk menyaksikan Seleksi Tilawati Quran(STQ).

Acara tersebut diawali dengan pawai taaruf para peserta dan penggembira utusan masing-masing kecamatan. Sekitar 5000 orang peserta pawai turut mendukung dan menyukseskan gelaran STQ tingkat Kabupaten Konsel.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga saat membuka acara pra Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kabupaten itu menyampaikan apresiasi dan dukungan semua pihak atas terlaksananya acara STQ tingkat Kabupaten Konsel. Dia sangat bangga kepada peserta yang sangat antusias meramaikan acara STQ.

“Walau pun sekarang ini lagi hujan, tetapi saya melihat semangat dari para peserta dan pendukung kegiatan STQ tidak kurang dan itu saya sangat apresiasi,” katanya.

Melihat antusias masyarakat, Bupati berharap kegiatan STQ yang berlangsung selama lima hari ini merupakan pertanda baik untuk mewujudkan Konsel yang maju. “Mudah-mudahan visi misi yang kita harapkan itu bisa tercapai dalam membangun Konsel yang mandiri, agamis dan sejahtera,” imbuhnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sultra, Mohamad Ali Irfan juga mengaku sangat terharu melihat antusiasnya masyarakat menghadiri seleksi tersebut. “Selama pelaksanaan STQ tingkat kabupaten di Sultra, baru di Konsel saya melihat antusias masyarakatnya sangat besar. Saya melihat pesertanya sangat banyak sekali dan tidak kalah juga pendukung yang hampir memenuhi lapangan ini,” katanya.

Dia juga mengatakan yang terpenting dari STQ itu adalah sebagai sarana syiar Islam, mempererat silatuhrahmi, juga mendorong masyarakat dalam menguatkan gemar baca tulis Alquran. Dan yang lebih penting lagi, mempelajari dan memahami isi kandungan kitab suci dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup individual maupun bermasyarakat. (k8/b/aha)