Beranda

Paslon Zayat-Syahriah Siap Hadapi Debat Putaran Kedua

KENDARI, BKK– Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Zayat Koemueddin-Suri Syahria (Zayat-Syahria) sudah siap mengahadi debat kandidat putaran kedua yang rencananya akan diselenggarakan 31 Januari nanti.

Dalam kesiapannya tersebut, Zayat yang ditemui di sela-sela kegiatannya, Jumat (20/1), menjelaskan, tidak ada persiapan berlebih yang dilakukannya. Sebab, tema debatnya merupakan hal umum dalam pemerintahan.

“Tidak ada persiapan berlebih kok, karena ini merupakan hal umum dalam pemerintahan,” terangnya.

Hal ini lanjut dia, termasuk pada konteks menjawab pertanyaan yang akan ditujukan kepadanya. Semua pertanyaan akan dijawabnya sesuai dengan pengetahun dan pengalaman yang dimilikinya.

“Kita jawab apa adanya saja sesuai dengan yang kita tahu. Persoalan ini kan lebih dipahami mereka (paslon lain, red) karena berada dalam roda pemerintah di kota sejak 10 tahun lalu, tapi kita ini baru akan,” jelasnya.

Untuk pertanyaannya dalam debat nanti, Zayat sedikit memberikan gambaran yakni sesuai dengan tema debat. Misal, bagaimana mengahadapi radikalisme yang menggagu NKRI dan bagaimana membangun harmonisasi hubungan terhadap pemerintah pusat.

“Pertanyaan yang kita berikan tentunya sesuai dengan tema dan itu tidak pada pertanyaan jebakan. Karena debat itu untuk membangun kesepahaman,” bebernya.

Sementara itu, sebelumnya tim pemenangan paslon nomor urut 3 ini, Muhamad Endang memberikan sorotan terhadap KPU selaku pelakasan debat. Pasalnya, waktu debat yang disediakan hanya 90 menit karena menggunakan TV nasional.

“Dengan waktu ini, tentu setiap paslon hanya akan berbicara kurang lebih 10 menit akibat banyaknya kegiatan sebelum debat dimulai. lalu dengan waktu itu apakah cukup, tentu tidak. Olehnya itu, saya berharap rencana penggunaan TV nasional ini dibatalkan dan durasi waktu ditambah ,” pungkasnya.(Cr5/m2/b/nur)