Ingin Tobat Narkoba, Tiga Pegawai Pemkot Kendari Datangi BNN – Berita Kota Kendari
Beranda

Ingin Tobat Narkoba, Tiga Pegawai Pemkot Kendari Datangi BNN

Ketgam. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak tiga orang aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu.

Itu diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari Murniaty, Kamis (19/1).

Ketiganya, kata dia, sedang proses rawat jalan dan rawat inap.

Ia menceritakan, ketiga ASN tersebut datang di BNNK karena ingin lepas dari jeratan narkoba.
Dan orang-orang seperti ini, menurut dia, patut dihargai.

“Karena dia ingin sadar dan mau melepaskan diri. Apalagi, orang yang mau datang sendiri secara suka rela untuk lepas dari jeratan obat terlarang itu, dan bukan karena ditangkap, sehingga dia mau rehabilitasi diri. Itu yang kita utamakan,” paparnya.

Ia menambahkan, jika oknum yang bersangkutan merupakan pemakai lama, maka dalam rehabilitasi yang dilakukan ada namanya detoksifikasi untuk mengeluarkan racun-racun yang masuk di dalam tubuhnya.

Selain itu, masih kata dia, jika pemakai aktif maka untuk melepaskannya tidak cepat, butuh waktu yang cukup lama, yakni enam bulan atau bahkan ada yang sampai setahun.

“Jika pemakai narkoba direhabilitasi dengan perawatan rawat inap, berarti oknum tersebut sudah memakainya lebih setahun. Jika rawat jalan biasa di bawah setahun. Namun yang memutuskan untuk dirawat inap adalah dokter, karena kita memiliki klinik pratama lengkap dengan ahli medisnya. Sedangkan yang banyak mendapatkan rawat jalan biasanya adalah kalangan pelajar,” paparnya.

“Bagi para ASN saya berpesan untuk menjauhi barang harap tersebut, karena sekarang ini kan ASN tidak pandang bulu. Dalam regulasi ASN jika memang terbukti pakai narkoba maka tidak ada ampun, akan dipecat, dan diberikan sanksi kurungan penjara. Olehnya itu saya mengajak semua masyarakat marilah hidup sehat tanpa narkoba,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kendari Ali Kibu mengatakan, selama ini pihaknya selalu melakukan pembinaan kepada seluruh pegawainya.

Pembinaan yang dilakukan, dengan menggelar sosialisasi bahaya narkoba dengan menghadirkan pemateri dari BNNK Kendari dan pihak kepolisian.

“Saya berharap kepada seluruh ASN lingkup Pemkot Kendari jangan sekali-kali menggunakan yang namanya narkoba, karena bisa membahayakan pribadi dan keluarga,” ujarnya, melalui telepon genggam.

Apa lagi, tutur Ali Kibu, jika oknum ASN menggunakan narkoba bisa dicopot dari jabatannya, dan tidak ada toleransi. (cr6/b/iis)

To Top