Pendidikan

Dikbud Kendari Tambah 2 Sekolah Peserta UNBK

Foto: Makmur. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari menambah dua sekolah  yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sekolah tersebut adalah SMP Frater Kendari dan SMPN 13 Kendari.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kendari, Makmur mengatakan, sebelumnya pihaknya hanya mengusulkan delapan sekolah di Kendari yang akan melaksanakan UNBK. Namun, jumlah tersebut dianggap kurang.

“Kami pertimbangkan jumlah itu masih kurang sehingga kami menambah dua sekolah lagi, sehingga totalnya 10 sekolah,”  ujar Makmur saat ditemui, Kamis (19/1).

Ia menyebutkan total 10 sekolah yang diusulkan untuk melaksanakan UNBK tersebut terdiri SMPN 1 Kendari dengan fasilitas yang dimiliki tiga server dan 95 unit komputer, kemudian SMPN 2 Kendari satu server dan 33 unit komputer, SMPN 3 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 4 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 5 Kendari dua server 60 unit komputer, SMPN 6 Kendari satu server dan 20 unit komputer, SMPN 9 Kendari satu server dan 20 unit komputer, serta SMPN 20

Kendari satu server dan 20 unit komputer. Sedangkan SMPN Frater yang belakangan diusulkan memiliki satu server dan 40 unit komputer dan SMPN 13 Kendari satu server 20 unit komputer.

“Kita secepatnya mengirim nama-nama sekolah yang akan melaksanakan UNBK ini agar bisa mendapatkan bantuan dari pusat. Apa lagi memang dari pusat sudah menyiapkan bantuan penambahan komputer bagi sekolah yang akan melaksanakan UNBK ini,” paparnya.

Bagi sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK, sambungnya, ujiannya dilakukan dengan berbasis kertas.

Ia menambahkan, sebelumnya untuk sekolah yang belum melaksanakan UNBK rencananya akan digabungkan dengan sekolah terdekat yang menjadi pelaksana UNBK. Hanya saja, rencana itu dibatalkan dengan berbagai pertimbangan dan dikhawatirkannnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Kami harap dalam pelaksanaan ujian nanti baik yang melaksanakan UNBK maupun tertulis, dapat berlangsung dengan aman, lancar, serta tidak ada kendala,” imbuhnya. (Cr6/b/nur)