427 Mahasiswa USN Bakal Disebar di 4 Kabupaten – Berita Kota Kendari
Pendidikan

427 Mahasiswa USN Bakal Disebar di 4 Kabupaten

WR I USN Kolaka Prof Ruslin Hadanu mengalungkan tanda peserta PPL pada perwakilan Mahasiswa FKIP. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA,BKK- Sebanyak 427 Mahasiswa Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bakal disebar di empat kabupaten di Sultra. Ini dilakukan dalam rangka mengamalkan ilmu peserta didik di kampus tersebut dalam Praktek Pengenalan Lapangan (PPL).

“Mahasiswa FKIP yang akan melaksanakan PPL tersebut, berasal dari tiga jurusan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Sementara lokasi penyebarannya masing-masing Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara dan Bombana,” terang Wakil Rektor (WR) 1 Bidang Akademik USN, Prof Dr Ruslin Hadanu usai membuka kegiatan pembekalan PPL, Kamis (19/1), di Auditorium USN Kolaka.

Dalam sambutannya, Prof Ruslin mengingatkan kepada para mahasiswa ini bahwa sebentar lagi menyelesaikan perkuliahan dan menyandang gelar kesarjanaan di bidang keguruan. Menurutnya, kompetensi seorang pendidik belum terbukti bermanfaat bila tidak mampu mentransfer atau mengajarkan ilmunya pada orang lain, khususnya kepada peserta didik.

“Saya juga adalah pendidik. Memang tidak mudah untuk bisa mendrive orang lain, jika kita tidak membekali diri sendiri dengan kompetensi yang spesifik, apalagi tidak dibarengi niat tulus dalam mendidik,” katanya.

Guru besar kimia itu juga memaparkan, saat ini merupakan era kompetisi yang sangat berat, dimana semua orang memiliki kesempatan sama. Jika pendidik tidak dibarengi dengan kompetensi maka akan ketinggalan.

Sementara Dekan FKIP USN,  Zakaria mengingatkan pada mahasiswanya agar dalam menjalankan PPL di lapangan, senantiasa menjaga nama baik diri dan universitas. Apalagi sikap peserta PPL selama di lapangan menjadi bagian dari penilaian.

“PPL pada dasarnya sama saja dengan di bangku kuliah. Yang membedakan kalau PPL dilakukan dalam bentuk praktik langsung di lapangan,” kata Zakaria. (cr3/b/nur)

To Top