Waspada Sayur Kol dan Telur Palsu Sudah Beredar di Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Waspada Sayur Kol dan Telur Palsu Sudah Beredar di Kendari

KENDARI, BKK– Waspadalah warga Kota Kendari ketika membeli telur dan kol. Akhir-akhir ini banyak ditemukan telur palsu dan kol palsu yang terbuat dari bahan sintetis. Kecuali itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyatakan untuk buah-buahan yang beredar di pasaran sejauh ini aman dikonsumsi.

Itu terungkap dari Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari Zainal Arifin, Selasa (17/1). Dikatakan, pihaknya gencar melakukan pengawasan terhadap buah-buahan yang dijual di pasaran Kota Kendari.
Dari pengawasan itulah dipastikan buah-buahan yang dijual di pasaran aman dikonsumsi.

“Pengawasan tersebut kami lakukan bekerja sama dengan instansi terkait yakni pihak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) serta Dinas Perindustrian Perdangan dan Koperasi (Disperindagkop),” katanya.

Pasalnya, lanjut dia, belakangan ini sangat sering ditemukan di lapangan telur palsu dan kol palsu, yang terbuat dari bahan sintetis.

“Pengawasan merupakan kewajiban kami, agar bisa melindungi konsumen sekaligus dapat memfilter dari petani-petani yang ada di Kendari, sehingga dampaknya, kepercayaan konsumen terhadap petani akan kurang. Makanya memang pengawasan tersebut wajib kami lakukan,” paparnya.

Sejauh ini, masih kata dia, buah-buahan yang dijual di pasaran masih aman dikonsumsi masyarakat. Ia menegaskan, jika ditemukan ada buah-buahan yang dapat membahayakan konsumen, maka pihaknya langsung mengambil langkah dengan melakukan penarikan.

“Kami akan menarik buah-buahan yang tidak aman dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa. Sebab kami belum bisa memberikan sanksi yang tegas kepada pedagang yang menjual buah atau makanan yang mengandung bahan-bahan lain, dan dapat membahayakan kesehatan konsumen,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari Ida Riyanti mengatakan, buah-buahan yang dijual di pasaran banyak dari lokal, tidak ada pengiriman atau impor yang dilakukan dari luar.

“Berdasarkan hasil pengawasan yang kami lakukan beberapa waktu lalu, buah-buahan yang dijual di pasaran aman dikonsumsi. Olehnya itu saya meminta kepada masyarakat tak perlu khawatir mengkonsumsi buah-buahan tersebut,” paparnya.

Ditegaskan, pihaknya sudah membentuk tim pemantauan harga yang dilakukan setiap hari di semua pasar.

“Sedangkan tertib niaga atau yang melakukan semua bentuk perdagangan di Kota Kendari dilaksanakan setiap bulan,” sebutnya. (Cr6/c/iis)

To Top