Pasca Diverifikasi, SMPN 5 Kendari Makin Siap Laksanakan UNBK – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Pasca Diverifikasi, SMPN 5 Kendari Makin Siap Laksanakan UNBK

Foto: Mansur Mokuni. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pasca dilakukan verifikasi oleh tim verikator yang ditunjuk kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kendari semakin siap untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 5 Kendari, Mansur Mokuni mengatakan, untuk melaksanakan UNBK nanti pihaknya hanya membutuhkan penambahan 10 unit komputer.

“Sekarang kami sudah memiliki 60 unit komputer dan sisa ditambah 10 karena yang dibutuhkan 70 unit. Ujiannya nanti dilakukan tiga sesi yakni pagi, siang dan sore,” terangnya saat ditemui di kantornya, Selasa (17/1)

Selain memiliki 60 unit komputer, lanjutnya, saat ini pihaknya juga memiliki dua server yang dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam pelaksanaan UNBK nanti. Server itu, menurutnya,merupakan bantuan dari pusat.

“Bahkan untuk lebih memperlancar jalannya pelaksanaan UNBK nanti, pekan depan kita akan menggelar simulasi. Jadi dalam simulasi tersebut beberapa tenaga pendamping sekaligus operator yang akan mendampingi pelaksanaan UNBK akan dilatih,” paparnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan UNBK di SMPN 5 Kendari nanti akan berlangsung dengan lancar tanpa kendala sedikitpun. Sebab, semua persiapan mulai dari simulasi yang difokuskan kepada tenaga pendamping dan operator sudah terlatih.

“Untuk kesiapan siswa, mulai dari sekarag secara mental kita sudah informasikan kepada mereka karena kita tahu tidak semua siswa memiliki perangkat komputer di rumahnya. Untuk itu, tiga bulan terakhir ini kita juga akan menggelar simulasi kepada siswa atau peserta UNBK agar mereka tidak merasa kebingungan dengan metode ujian yang baru ini,” ujarnya.

Ia berharap, ke depan semua sekolah-sekolah yang ada di Kota Kendari juga dapat melaksanakan UNBK. Sebab menurutnya lebih efektif dan menghemat operasional pelaksanaan ujian tersebut.

“Menurut saya pelaksanaan UNBK lebih hemat dibanding kita melaksanakan ujian berbasis kertas. Apa lagi sekarang ini kita dihadapkan tantangan global yang serba jadi, olehnya itu kita harus biasakan anak-anak sejak dini untuk memanfaatkan tekhnologi komputer,” tambahnya. (Cr6/b/nur)

To Top