Temuan Gula dan Uang di Kolut Berpotensi Pidana – Berita Kota Kendari
Suksesi

Temuan Gula dan Uang di Kolut Berpotensi Pidana

Ketgam : Tim BAP-MR menunjukkan gula dan uang tunai yang di ambil dari sebuah mobil yang diduga milik tim paslon An-Nur.

LASUSUA, BKK – Temuan gula dan uang dalam kantong plastik di Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terindikasi milik tim salah satu pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di daerah tersebut.Hal ini pun akan ditindaklanjuti Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Ketua Panwaslu Kolut, Ajmal Arif menuturkan, laporan penemuan gula beserta uang itu Sudah masuk melalui panwascam yang awalnya melalui Panitia Pengawas Lapangan (PPL) setempat.

“Saat ini berkas laporan sudah lengkap dan sudah dilimpahkan pada panwas kabupaten.  Informasi yang saya terima, kemungkinan ada potensi pidana,” kata Ajmal Arif, Senin (16/1).

Temuan itu pun menurutnya, akan disikapi dengan netralitas. Semua laporan yang masuk akan dikaji kebenarannya.

“Kalau sudah ada unsur pidana, maka akan ditangani sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang ada di kabupaten karena mesti butuh beberapa pembahasan apakah betul ada unsur pidana atau tidak,” terangnya

Ajmal Arif menambahkan,kalau memang terbukti ada unsur pidana maka akan dilanjutkan sampai ke pihak kepolisian dan kejaksaan. Koordinasi tersebut dimaksudkan untuk optimalisasi penanganan tindak pidana pemilu.

“Demi keamanan, semua barang bukti sudah dibuatkan berita acara dan dititipkan di kepolisian, seperti gula dan uang serta mobil yang digunakan tim paslon,”ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Ngapa, Ipda Brian Wicaksono membenarkan adanya temuan tersebut. Hal itu berdasarkan laporan tim paslon Bobby Alimuddin Page-Maksum Ramli (BAP-MR) terhadap tim Nur Rahman-H Abbas (Annur) yang diduga melakukan money politik terhadap masyarakat.

“Dengan adanya laporan itu kita kerahkan anggota untuk melakukan pengamanan secepatnya. Kita sudah amankan satu unit mobil dan barang bukti gula beserta uang,” ujar Brian

Atas kejadian itu, menurutnya, situasi Kecamatan Ngapa rawan terjadi ketegangan antar pendukung. Namun, sampai saat ini masih kondusif.

Ia pun menghimbau ke masyarakat,khususnya untuk para pendukung dan simpatisan calon agar jangan bertindak anarkis. Jika ada indikasi akan terjadi keributan maka segera dilaporkan ke polisi.

Sementara itu, salah satu tim paslon Annur, Ahmad Jais membantah bahwa gula dan uang yang ditemukan tersebut adalah untuk kegiatan money politik. Menurutnya, gula dan uang itu akan disalurkan ke posko-posko pemenangan Annur yang rutin dilakukan dua minggu sekali.

“Kita harap tim BAP-MR tidak bertindak terlalu over protektif. Gula itu akan digunakan tim di posko minum kopi sedangkan uang tersebut digunakan untuk bayar vocer listrik. Jadi gimana ini di katakan money politik,”katanya.

Ahmad Jais menegaskan, atas kejadian ini pihaknya akan melakuakan pelaporan ke pihak berwajib, atas dugaan perampasan dan pengancaman yang di lakukan tim BAP-MR tersebut.(k6/b/nur).

To Top