Pemkot Kendari Upayakan Gaji PNS Segera Terbayarkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Kendari Upayakan Gaji PNS Segera Terbayarkan

Foto: Sekda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Memasuki minggu ketiga Januari, gaji PNS di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari belum terbayarkan. Hal itu terkait perubahan nomenklatur di pemerintahan daerah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kini masih tengah berupaya mencari solusi agar gaji PNS tersebut segera terbayarkan. Alhasil pekan depan PNS di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah akan menerima gaji.

“Masalah gaji merupakan hak seorang PNS, tentu itu menjadi perhatian kita. Cuman memasuki tahun 2017 ini memang proses-proses administrasi utamanya masalah keuangan itu harus dilakukan penataan dan perubahan kelembagaan, tetapi kita mengambil solusi yang terbaik sambil menunggu penyempurnaan kelembagaan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani saat diwawancarai, Senin (16/1).

Terkait dengan adanya perubahan nomenklatur tersebut Ia mengatakan, berkaitan mekanisme penyalurannya bisa saja disalurkan dalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

Untuk SKPD yang dimekarkan  induk, misalnya ada yang dimekarkan ya masuk saja ke SKPD induk agar gaji pegawainya dapat tersalurkan. Bahkan, lanjutnya, proses ini sudah berjalan, dan hari ini (Senin, red) sudah ada PNS yang terima gaji misalkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Kalau tunjangan lain seperti tunjangan keluarga itu tetap ada. Cumankan ada juga yang namanya tunjangan jabatan, sehingga sebelum jabatannya devenitif tentu belum memenuhi syarat untuk mendapatkan itu. Apa lagi yang namanya tunjangan terpenting adalah harus kerja dulu,” paparnya.

Sebab, lanjutnya, dari kenerja yang diberikan, kedepan akan diperhitungkan kembali. Apa lagi, katanya, sekarang ini pihaknya sedang mengusulkan ke Kementerian untuk izin pengukuhan, sebab Kota Kendari salah satu daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kedepan kita harapkan gaji pegawai akan kembali normal, baik pekerjaan maupun hak-haknya. Semua itu akan kita normalisasi kembali,” pungkasnya. (Cr6)

To Top