Beranda

Hentikan Penerbitan Suket, Disdukcapil Terbitkan Rekomendasi #Tidak Berlaku untuk Pilkada

KENDARI, BKK – Penerbitan surat keterangan (Suket) pengganti sementara Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) telah dihentikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kendari.

Namun warga tak perlu khawatir, sebab bila akan melakukan pengurusan administrasi namun belum memiliki e-KTP bisa mendapatkan surat rekomendasi.

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan Disdukcapil Kendari, Hj SukminiĀ  menjelaskan, pemberian rekomendasi yang dimaksud hanya untuk satu kali penggunaan sesuai peruntukannya. Kendati demikian, surat tersebut tidak dapat digunakan dalam pemilikihan kepala daerah (Pilkada).

“Rekomendasi ini hanya berlaku untuk warga yang misalkan mau mengurus di bank atau mengurus NPWP dan lain sebagainya. Khusus untuk pilkada, rekomendasi ini tak berlaku,” jelasnya saat ditemui, Senin (16/1).

Dikatakannya, sejak penerbitan suket dihentikan animo masyarakat yang datang ke Disdukcapil Kendari berkurang. Tidak seperti biasanya saat suket masih diterbitkan, setiap hari warga selalu memadati dan mengantri demi mendapatkan suket.

“Selama dihentikannya penerbitan suket, total surat rekomendasi yang sudah kami keluarkan belum mencapai angka 100, padahal waktu suket masih diterbitkan bisa mencapai 100 per hari,” ujarnya.

Diakuinya, penghentian penerbitan suket tersebut menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Namun, pihaknya berupaya memberikan pemahaman ke warga sebagaimana perintah Wali Kota Kendari, Asrun.

Sebelumnya, Asrun meminta penerbitan suket tersebut untuk sementara dihentikan. Hal itu terkait adanya temuan suket paslu yang diduga sengaja dilakukan oknum tertentu untuk kebutuhan pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwali) 15 Februari mendatang.

Penerbitan suket itu sendiri dilakukan disdukcapil akibat blanko e-KTP mengalami kekosongan sejak November 2016 lalu. Surat itu diberikan ke warga yang telah melakukan perekaman dan bisa digunakan dalam berbagai hal sampai memperoleh e-KTP. (cr6/b/nur)