Disperindag Sultra akan Adakan Pasar Lelang Online – Berita Kota Kendari
Beranda

Disperindag Sultra akan Adakan Pasar Lelang Online

Keterangan Gambar : Muhammad Ali

KENDARI, BKK– Pasar lelang online yang telah dilaunching kementrian perindustrian, juga akan mulai diberlakukan di Sulawesi Tenggara (Sultra) Maret mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra  Sultra, Muhammad Ali mengatakan, pelaksanaan pasar lelang online diintruksikan untuk dilakukan di 13 provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah Sultra.

“Saat ini kami masih mempelajari bagaimana teknis pelaksanaan pasar lelang online untuk kemudian diterapkan dan di 2017 ini kita upayakan sudah bisa lakukan pasar lelang online komoditi agrikultur,” ujar Ali saat ditemui di Kantor Disperindag Sultra, Senin (16/01).

Ali mengakui, sampai saat ini pelaksaan pasar lelang masih dilakukan secara konvensional, dalam hal ini Disperindag Sultra mengundang seluruh stake holder untuk bertatap muka langsung dalam kegiatan lelang.

Dalam pelaksanaan pasar lelang online itu sendiri, lanjutnya, kementrian mengikutsertakan pihak PT Pos Indonesia sebagai eksekutor karena dinilai memiliki sarana logistik serta sumber daya yang mumpuni.

Ali menjelaskan, kegiatan pasar online bertujuan untuk memudahkan pembeli dan penjual dalam berinteraksi melakukan aktifitas jual beli. Dengan fasilitas yang ada, penjual dan pembeli dapat berinteraksi tanpa melalui tatap muka langsung.

“Media seperti ini yang pertama lebih memudahkan, kedua lebih efisien, dan kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan dalam sarana-sarana yang sudah berkembang yang sifatnya dikelola pihak swasta,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan pasar lelang secara konvensional tetap akan dilakukan Disperindag Sultra, sambil mensosialisasikan pasar lelang online kepada pelaku-pelaku pasar lelang. Sehingga ke depannya, para pelaku mengetahui bahwa di Sultra sudah ada pasar lelang online.

Karena pasar lelang online merupakan kegiatan negara, pihaknya berharap interaksi jual beli dapat lebih baik lagi. Selain itu juga kegiatan ini diharapkan dapat lebih memudahkan dalam melakukan kegiatan transaksi.

“Katakannlah selama ini mereka datang ke kendari kita undang, setelah sudah ada pasar lelang online mereka tidak perlu lagi datang langsung, cukup melakukan transaksi secara online,” tutupnya.(p11/c/nur)

To Top