BLH Usul Pindahkan TPA ke Wabintinggi ***Agar Pengangkutan Sampah Maksimal – Berita Kota Kendari
Beranda

BLH Usul Pindahkan TPA ke Wabintinggi ***Agar Pengangkutan Sampah Maksimal

RAHA, BKK– Badan Lingkungan Hidup Muna masih menghadapi kendala dalam penanganan sampah. Tumpukan sampah masih terlihat di mana-mana di dalam Kota Raha.

Salah satu kendala belum maksimalnya pengangkutan sampah di Kota Raha, disebabkan jauhnya lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Seperti diketahui, TPA berlokasi di Desa Lakouduma, Wato Pute, sekitar 11 kilo meter dari Raha. Karena terbilang jauh, dalam satu hari, armada pengangkut sampah hanya bisa dua kali pulang pergi.

Untuk menanggulangi masalah ini, Kepala BLH Kabupaten Muna, Drs Haris MM mengatakan akan memindahkan lokasi TPA ke Desa Wabintinggi, Kecamatan Lohia, yang berjarak 7 km dari Kota Raha.

“TPA kita selama ini memang jauh sekali berjarak 11 km dari kota. Makanya kita akan pindahkan ke Desa Wabintinggi Kecamatan Lohia yang berjarak cuma 7 km dari dalam kota,” kata Haris, Senin (16/1).

Jika TPA sudah pindah ke Wabinttingi, dalam armada pengangkut sampah bisa mengangkut sampai 4 kali PP. Hanya saja, pemindahan lokasi TPA ke Wabintingi juga tidak mudah karena persoalan lahan warga.

“Memang lokasi TPA di Wabintinggi milik warga. Tapi pemiliknya mau menjual kepada kita. Sertifikatnya sudah saya kopikan dan serahkan ke Bagian Hukum. Kalau kita sudah punya TPA legal, baru bisa kita dapat bantuan dari Kementerian PU. Memang di Lakuoduma itu legal, tapi tidak bisa kita sertifikasi karena kawasan hutan,” papar mantan Kadis Kehutanan Muna ini.

Selain itu, Haris juga akan membentuk penyidik PNS di lingkup BLH Kabupaten Muna. Pasalnya, ada sebagian oknum pegawai BLH yang tidak bekerja seperti seharusnya.

Dia mencontohkan, ada oknum PNS yang sengaja menumpuk sampah di Kantor BLH untuk mencari keuntungan. “Saya lihat selama ini Kantor BLH itu bukan berfungsi sebagai kantor BLH, tapi gudang sampah.

Masa sampah bertumpuk-tumpuk mereka simpan di kantor, dan tidak dibuang. Alasan, mereka mau pilah-pilah dulu untuk dijual,” ungkap Haris yang sudah lebih seminggu dilantik menjadi Kadis BLH Kabupaten Muna.

Haris juga mengaku jika masalah sampah akan sulit diatasi kalau masyarakat masih membuang sampah semaunya. Karena itu, dia akan memaksimalkan peran BLH untuk mengedukasi masyarakat dalam penanganan masalah persampahan ini. (cr1/c/aha)

To Top