Suksesi

30 Januari KPU Kota Kendari Siap Salurkan Logistik

ilustrasi

KENDARI, BKK – Seluruh kebutuhan logistik pemuguntan suara Piwali Kendari, dipastikan rampung dan tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari paling lambat 30 Januari. Selanjutnya, penyaluran segera dilakukan ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komisioner KPU Kota Kendari Koordinator Divisi Logistik, Umum dan Keuangan, Abdul Wahid Daming saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, saat ini KPU Kota Kendari sedang menunggu pendistribusian logistik dari pihak perusahaan percetakkan untuk kemudian disalurkan.

“Sesuai dengan target KPU Kota Kendari itu sebelum tanggal 30 dan paling lambat tanggal 30 semua kebutuhan TPS sudah ada di KPU Kota Kendari mulai dari surat suara, kelengkapannya dan lain sebagainya yang kemudian akan mulai disalurkan. Surat suara saat ini juga sudah mulai dilakukan pencetakkan tinggal menunggu distribusi dari pihak perusahaan,” katanya, Senin (16/1).

Dikatakannya, perusaahan percetakkan yang melakukan pencetakkan surat suara tersebut, bukan hanya melakukan pencetakkan surat suara dari KPU Kota Kendari melainkan dari berbagai daerah yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 15 Februari 2017 mendatang. Sehingga, ada jadwal yang dilakukan pihak perusahaan pemenangan tender untuk melakukan pendistribusian ke masing-masing KPU kabupaten/kota.

Ia menambahkn, untuk pengawasannya dalam penyaluran logistik berupa C6, KPU Kota akan melibatkan masing-masing tim kampanye pasangan calon (Paslon) bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Kendari. Metode penyalurannya yakni by name bay adress.

“Mulai dari penyaluran C6 dengan menggunakan by name by adress C6 ini KPU Kota Kendari juga telah menyampaikan ke masing-masing tim kampanye paslon bahwa pada saat pendistribusiannya itu mereka akan terlibat untuk mendistribusikan bersama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kita,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan sebagai bentuk transparansi KPU Kota Kendari dalam mensukseskan Pilwali Kendari serentak 15 Februari 2017 mendatang. Dalam penyaluran C6 itu, kata dia, KPU Kota kendari langsung akan memberikan kepada pemilik nama yang terdaftar dalam C6.

“Transparansi dalam kinerja KPU Kota Kendari itu lebih diutamakan. C6 itu kami akan sampaikan kepada tim paslon untuk silahkan mengawal penyalurannya. Model penyalurannya itu kami berikanĀ  langsung kepada orangnya, bukan melalui orang lain meskipun itu di tempat tinggal yang sama, kalau tidak ditemukan pemilik nama yang terdaftar dalam C6 maka akan dikembalikan. Sehingga, dipastikan tidak ada manipulasi dalam penyalurannya itu,” pungkasnya. (m2/b/nur)