2.282 Anggota KPPS di Bombana Resmi Direkrut – Berita Kota Kendari
Suksesi

2.282 Anggota KPPS di Bombana Resmi Direkrut

RUMBIA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bombana resmi merekrut 2.282 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Ke-2282 anggota KPPS ini akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), saat pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bombana berlangusng pada pertengahan Februari mendatang.

Selain anggota KPPS, KPU juga merekrut sedikitnya 652 petugas ketertiban. Dari jumlah ini, masing-masing TPS akan mendapat jatah dua orang petugas.

Ketua KPU Bombana, Drs Arisman mengatakan, pihaknya melakukan perkrutan KPPS tersebut sejak Desember kemarin dan akan dibuatkan surat keputusan (SK) pada Januari ini.

“Mereka ini nantinya bertugas selama dua bulan, jadi setiap TPS ada tujuh KPPS di tujuh orang itu sudah termasuk ketua KPPS. Untuk jumlah TPS yang ada di Bombana saat ini ada 326 TPS.” ujar Arisman yang dikonfirmasi Berita Kota Kendari (BKK) di ruang kerjanya, Senin (16/1).

Untuk tugas KPPS, tambah Arisman, adalah mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di TPS, kemudian menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta pemilu yang hadir dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

Selanjutnya melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan mengumumkan hasil penghitungan suara, menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh saksi, PPL, peserta Pemilu, dan masyarakat pada hari pemungutan suara.

“Mereka juga menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel, selain itu juga membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, PPL, dan PPK melalui PPS,” ungkap Arisman.

KPPS itu sendiri, tambahnya, benar-benar diseleksi secara detail dan dipastikan netral. Bila  ada yang ditemukan menjadi tim pemenangan salah satu calon kepala daerah maka akan langsung digugurkan.(cr2/c/nur)

To Top