Realisasai Beasiswa di Butur Belum Pasti – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Realisasai Beasiswa di Butur Belum Pasti

ilustrasi

BURANGA, BKK – Proses realisasi beasiswa pendidikan yang dikucurkan pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) sebesar Rp 1,5 miliar, nampaknya masih agak panjang. Pasalnya, hingga saat ini peraturan daerah (Perda) belum selesai ditetapkan, yang nantinya akan menjadikan rujukan terkait mekanisme penyaluran beasiswa sehingga dapat  tepat sasaran.

Plt Kadis Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana ketika ditemui di ruangannya, akhir pekan kemarin mengatakan, pihaknya telah ditetapkan anggaran beasiswa miskin dan berprestasi di 2017 ini. Hanya saja, hingga kini belum bisa ditentukan  sebagaimana mekanisme atau syarat- syarat penerima bantuan tersebut.

“Sampai sekarang perdanya belum ada. Nanti kalau sudah ada perda, kemudian akan diikuti peraturan bupati. Disitu semua diatur mekanisme teknisnya,” kata Agus.

Oleh karena itu, pihaknya akan segera berkonsultasi dengan biro hukum setempat untuk membahas langkah-langkah percepatan penyusunan perda tersebut. Sehingga, beasiswa dapat tepat sasaran untuk meningkatkan sumber daya manusia  putra daerah Butur yang bermaksud melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Agus menambahkan, pihaknya belum dapat memastikan kapan  perda itu bakal ditetapkan. Kendati begitu, ia optimis peraturan tersebut bakal secepatnya disahkan mengingat beasiswa pendidikan merupakan inisiatif legislatif.

Sekedar gambaran terkait mekanisme awal dari pengelolaan beasiswa itu, mantan Camat Bonegunu ini mengungkapkan, Diknas Butur sendiri akan memberikan kewenangan kepada kepala sekolah  untuk merekomendasikan siswanya. Syaratnya tentu berprestasi dan berlatar belakang ekonomi lemah yang  dianggap layak untuk mendapatkan bantuan.

“Tapi siswa yang tak mampu ini harus mengantongi surat keterangan dari kecamatan atau kelurahan, bahwa betul-betul kurang mampu. Nanti juga akan turun survey terkait kondisi yang akan terima beasiswa ini,”tegasnya.(k5/b/nur)

To Top