Pertamina Edukasi Masyarakat Melalui Bansos Benih Mangrove – Berita Kota Kendari
Beranda

Pertamina Edukasi Masyarakat Melalui Bansos Benih Mangrove

KENDARI, BKK– PT Pertamina Kendari memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari Barat dalam bentuk benih mangrove sebanyak 900 pohon.

Operation Head (OH) Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Kendari, Amir Ridi mengungkapkan, pemberian bibit mangrove kepada masyarakat bertujuan agar masyarakat, khususnya anak-anak pesisir di Purirano untuk mendapatkan edukasi bagaimana cara menyemai bibit mangrove sampai pada penanamannya.

“Hasil yang diharapkan dalam program ini adalah pohon mangrove tertanam dan tumbuh dengan baik, peningkatan kesadaran, tanggungjawab dan peran serta masyarakat pesisir kawasan sekitar Purirano dalam menjaga ekosistem pantai,” ungkap Amir Ridi saat ditemui usai penanaman mangrove di Purirano, Sabtu (14/01).

Ia menuturkan, pihaknya akan membentuk kelompok masyarakat binaan, dalam hal ini kelompok peduli lingkungan dan sekolah mangrove bagi anak-anak. Hal itu dilakukan sebagai ajang pengkaderan pelindung dan pelestarian mangrove di masa depan.

Selain penyerahan benih mangrove, pihaknya juga melakukan pembinaan pada program pendidikan dan perkembangan ekonomi masyarakat. Ia mengakui, dana yang dikucurkan pertamina untuk menyukseskan kegiatan sosial ini seberas Rp 951,9 juta.

“Sehingga masyarakat berperan serta dalam menjaga pelestarian lingkungan biota pantai melalui pelestarian mangrove,” ujar Amir.

Selain itu, lanjut Amir, program tersebut juga dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat, baik dalam bentuk program penanaman maupun pengembangan pohon mangrove. Sehingga, program ini dapat bermanfaat secara luas bagi masyarakat pesisir Purirano dan masyarakat Kota Kendari pada umumnya.

Ia menilai, penanaman mangrove selalu dilakukan perusahan dan pemerintah. Jarang ditemui masyarakat yang mau dengan sukarela menanam mangrove sendiri atas dasar kesadaran akan pentingnya mangrove bagi lingkungan hidup, khususnya untuk wilayah pesisir.

Olehnya itu, kata dia, selain wujud kepedulian pertamina terhadap lingkungan, kegiatan ini diharapkan dapat merangsang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, sehingga bisa membuat masyarakat tergerak untuk melakukan hal-hal positif untuk melestarikan alam sekitarnya. Khususnya penanaman mangrove.

“Jauh ke depan program ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitar,” ucapnya.(p11/c/nur)

To Top