Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kendari Dipastikan Lancar – Berita Kota Kendari
Beranda

Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kendari Dipastikan Lancar

Foto: Paruddin. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1  Kendari merupakan salah satu sekolah yang sudah dua tahun berturut-turut sukses melaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di 2017 ini adalah kali ketiga yang juga dipastikan berjalan lancar.

Hal itu diungkapkan proktor utama pelaksanaan UNBK SMPN 1 Kendari, Paruddin saat diwawancarai, Sabtu (14/1). Kata dia, dalam pelaksanaan UNBK kali ketiga nanti pihaknya tinggal mematangkan aplikasi-aplikasi terbaru, baik yang ada di klien maupun aplikasi yang digunakan di server.

“Untuk teknis pelaksanaannya kami tinggal menunggu rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari dan provinsi terkait aturan baru dalam UNBK tersebut. Sebab, UNBK tahun ini dimaksimalkan dengan model ujian moda UNBK,”terangnya.

Dikatakannya, jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK di SMPN 1 Kendari sebanyak 280 orang yang terdiri dari dua kelas yakni reguler dan akselerasi. Untuk kelas akselerasi, sebutnya, terdiri dari 23 siswa, sedangkan reguler sebanyak 260 siswa.

“Jumlah komputer yang kami siapkan dalam pelaksanaan UNBK kali ini sebanyak 100 unit yang disebar ke tiga server. Server satu 40 unit komputer ditambah cadangan dua unit, selanjutnya server dua 30 unit, serta server tiga 25 unit tapi seyogyanya kita akan siapkan 30 unit komputer di server tiga tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti akan dibagi dalam tiga sesi sehingga total siswa sebanyak 280 akan terpenuhi dalam satu hari mulai pagi hingga sore.

Andi Serli Ariani, salah satu siswi kelas 9 SMPN 1 Kendari mengaku, saat ini dirinya belum terlalu siap untuk mengikuti UNBK, sebab masih dalam proses pengayaan. Namun menurutnya, semua peserta UNBK akan mengikuti try out untuk lebih mengenalkan dan memahami proses UNBK nanti.

“Saya harap semoga dalam pelaksanaan ujian nanti bisa berjalan lancar tidak ada kendala sedikit pun,” imbuhnya. (Cr6/b/nur)

To Top