Kerjasama PKPU, Pertamina Menanam 5 ribu Mangrove – Berita Kota Kendari
Beranda

Kerjasama PKPU, Pertamina Menanam 5 ribu Mangrove

Keterangan Gambar : Penanaman bibit mangrove yang dilakukan PKPU dan PT Pertamina di Kelurahan Purirano, Kendari Barat yang dihadiri Wakil Wali Kota Kendari, Sabtu (14/01). (Mardin/BKK)

KENDARI, BKK– PT Pertamina Kendari bekerja sama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Kendari dalam program konservasi lingkungan hidup, melalui kegiatan penanaman pohon mangrove di Kelurahan Purirano, Kendari Barat, Sabtu (14/01). Kegiatan ini juga melibatkan siswa SMPN 16 Kendari.

Kepala Bidang Pemberdayagunaan PKPU Kendari, Wa Ode Rahmawari menjelaskan, target penanaman mangrove di Purirano yakni 4 ribu pohon. Sedangkan 1.000 pohon sudah ditanam di Bungkutoko  17 Desember 2016 lalu.

Ia mengatakan, ini merupakan wujud dari bentuk kerjasama PKPU dengan Pertamina sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) pada November 2016 lalu.

“Karena di Bungkutoko juga masih layak tanam, hanya kalau pemanfaatan secara alam itu sudah tidak, tapi untuk secara wisata sudah bagus,” ujar Rahmawati di sela-sela kegiatan di Kelurahan Purirano, Sabtu (14/01).

Rahmawati menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah berkonsultasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, setelah itu pihaknya melakukan survey. Ia menilai, Kelurahan Purirano merupakan tempat yang sangat strategis untuk penanaman mangrove.

“Kemudian kita turun langsung survey ternyata di sini cocok untuk pemanfaatan tanaman mangrove, dan arus tidak terlalu kencang juga sih,” kata Rahmawati.

Sementara itu, Operation Head (OH) Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Kendari, Amir Ridi mengungkapkan, Kelurahan Purirano merupakan wilayah yang sangat berpotensi untuk budidaya mangrove. Sebab, terdapat 20 hektar luas lahan yang cocok ditanami tumbuhan pesisir tersebut.

“Jika ada mangrove, berarti banyak ikan di situ. Ada nanti biota-biota laut yang akan hadir. Ini kan pelestarian alam sebenarnya,” ungkap Amir.

Amir mengatakan, dalam kegiatan ini, tidak hanya 4 ribu bibit mangrove siap tanam akan ditanam di wilayah pesisir Purirano, tetapi ada 900 mangrove yang masih dalam bentuk benih. 900 benih yang belum dilakukan penyemaian tersebut diserahkan ke masyarakat setempat.

Amir menambahakan, penanaman mangrove akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Purirano, sebab di wilayah tersebut didominasi masyarakat nelayan.

“Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pelestarian mangrove demi kelestarian biota laut, serta dapat menjamin pendapatan masyarakat nelayan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 16 Kendari Sabil SPd mengatakan, kegiatan seperti ini  memberikan pembelajaran kepada anak didiknya yang ikut dilibatkan tersebut mengenai penyelesaian masalah ekosistem yang terjadi saat ini.

“Kami sangat bersyukur dilibatkan dalam kegiatan ini, bagaimana mencintai lingkungan agar anak didik kita lebih peka terhadap masalah yang terjadi di sektar mereka dan membagikan perilaku terpuji yang didapat,” imbuhnya.  (p11/12/b/nur)

To Top