Kendari Miliki 850 Hektar Sawah Fungsional – Berita Kota Kendari
Beranda

Kendari Miliki 850 Hektar Sawah Fungsional

ilustrasi

KENDARI, BKK – Meski merupakan wilayah perkotaan, namun Kota Kendari memiliki 850 hektar sawah fungsional. Hasil panen yang rata-rata 5,6 ton per hektarnya, mampu memenuhi 26 persen dari total kebutuhan konsumsi beras warga setempat.

Kepala Dinas Pertanian Kendari, Zinal Arifin mengakui, bila dibanding dengan daerah lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), hasil pertanian Kendari, utamanya padi masih tergolong minim. Sebab, sebagai wilayah perkotaan, lahan yang ada kebanyakan digunakan untuk mendirikan bangunan.

“Namun saya bersyukur karena sampai hari ini kita masih bisa memproduksi juga. Kalau dibandingkan dengan kota lain yang ada di Indonesia, masih banyak yang belum memiliki sawah. Tetapi kita sudah memiliki sawah dengan memanfaatkan lahan yang ada,” paparnya

Selain padi, sejumlah hasil pertanian lainnya di Kendari juga masih minim. Makanya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, Kendari masih bergantung pasokan dari daerah lain.

“Untuk bahan pangan kita tidak mampu untuk mencukupi konsumsi Kota Kendari dengan potensi lahan yang ada,” ujarnya.

Sebenarnya, katanya dia, pihaknya sudah mengambil langkah agar tidak bergantung dari luar. Hanya saja, kendalanya kebanyakan warga Kendari bukanlah petani dan lahan yang terseddia juga terbatas.
Berbeda dengan hasil pertanian, tambahnya, peternakan di Kota Kendari justru mengalami perkembangan pesat. Peningkatan populasi ternak mencapai 400 persen sejak 2011 lalu. (Cr6/c/nur)

To Top