Kekurangan PNS, Jabatan Eselon IV Banyak Kosong – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kekurangan PNS, Jabatan Eselon IV Banyak Kosong

LANGARA, BKK– Sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih mengalami kesulitan dalam mengisi jabatan eselon IV. Hal ini terjadi karena Konkep masih kekurangan jumlah PNS.

Dampaknya pun sangat terasa saat penyesuaian Undang-undang tentang Organisasi Perangkat Daerah. Sekretaris Daerah (Sekda) Konkep, Ir H Cecep Trisnajayadi MM menjelaskan, ada sekitar 200 jabatan di eselon IV yang tersedia. Namun yang terisi baru separuhnya.

“Jumlah PNS kita memang belum memadai,” kata Sekda akhir pekan lalu.

Mantan Kepala Dinas Pertambangan  (Kadistamben) Bombana tersebut mengungkapkan, kekurangan jumlah PNS ini dikarenakan Konkep terbilang daerah baru. Menurutnya, kebutuhan PNS sekurang-kurangnya 2.000 orang. Tetapi berdasarkan data November 2016, jumlah PNS di Konkep baru mencapai 1.049 orang.

“Kita masih butuh lagi sekitar sembilan ratus lebih PNS,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan perekrutan CPNS. Cecep pun berharap agar pemerintah pusat bisa membuka kembali perekrutan CPNS di tahun ini.

“Sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, dengan kondisi kekurangan PNS seperti ini, kami sangat-sangat mengharapkan agar kiranya Pemerintah Pusat membuka ruang untuk merekrut CPNS tahun 2017,” harapnya. (k4/c/aha)

To Top